Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Mokodongan : Karantina Produk Perikanan dan Pertanian Perlu Dilakukan

Tonny Sumakul   |   6 Oktober 2011 – 23:25 WITA

Manado Today – Sekprov Sulut Ir. Siswa Rachmat Mokodongan, menyatakan, produk perikanan maupun pertanian yang akan di ekspor, sebaiknya dilakukan proses karantina terlebih dahulu, baik itu di pelabuhan ataupun di bandara.

“Karantina tersebut dimaksud, guna memberikan hasil yang terbaik sat produk tersebut keluar dari Sulut. Sebab, daerah ini sudah ditetapkan sebagai sasaran untuk menjadi pintu gerbang baru dikawasan Indonesia Timur, yang konsekuaensinya akan menjadi arus masuk keluar barang termasuk produk pertanian dan perikanan,” kata Mokodongan saat membuka pertemuan ke tiga Brunei Indonesia Malaysia Philippines, dalam kegiatan East Asia Growth Area (BIMP-EAGA), Kamis (6/10/2011).

Menurutnya lagi, proses karantina juga, memegang peranan penting dalam mencegah masuk dan tersebarnya hama ataupun penyakit ke barang yang akan di ekspor tersebut. Selain itu, proses karantina juga didukung dalam food basket bagi ASEAN dan the rest of ASIA, yang ditujukan melalui pengawasan ketat di pintu lintas batas negara terutama terhadap komoditas pertanian dan perikanan.

“Dengan kita melakukan prosedur standart seperti karantina, akan membantu Sulut dalam memasarkan produk perikanan dan pertanian dari Asia Pasifik,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, koordinasi antar wakil dari negara yang tergabung dalam BIMP EAGA tentang regulasi , operasional dan prosedur,diharapkan juga dapat memfasilitasi perdagangan di lintas batas negara, khususnya dari Sulut. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading