Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Pemerintahan

Mokodongan: Pengawasan Kepala SKPD Kepada Bawahan Wajib Ditingkatkan

Tonny Sumakul   |   3 September 2012 – 19:32 WITA

Dari Rapat Evaluasi Pemprov Sulut

rachmat mokodongan

Ir. Siswa Rachmat Mokodongan

MANADO, (manadotoday.com) – Sekprov Sulawesi Utara (Sulut) Ir. Siswa Rahmad Mokodongan, menegaskan, agar seluruh Kepala SKPD di lingkup Pemprov Sulut, untuk lebih meningkatkan lagi pengawasan terhadap kinerja seluruh bawahannya.

“Seluruh Kepala SKPD saya ingatkan lebih meningkatkan pengawasan ke bawahannya,” tandas Mokodongan, dalam rapat evaluasi kinerja Pemprov Sulut, yang berlangsung di ruang Mapalus kantor Gubernur Sulut, Senin (3/9).

Dijelaskan Sekprov, dalam pengawasan kinerja bawahannya, termasuk pengawasan disiplin pegawai. Sebab, berdasarkan masukan data saat ini dari seluruh SKPD, dinilai dari kehadiran menunjukkan peningkatan signifikan.

“Itu harus kita pertahankan, dan kalau perlu lebih ditingkatkan lagi,” tandasnya.

Sedangkan terkait laporan realisasi fisik dan keuangan, sampai akhir Agustus 2012 realisasi keuangan ada pada angka 45,22 persen, sementara realisasi fisik mencapai 54,33 persen.

‘’Perlu diingatkan lagi, yakni penyelesaian masalah asset daerah khususnya tanah yang belum bersertifikat. Karena, sampai saat ini masih ada 22 SKPD belum memasukkan dokumen tanah,” ungkap Mokodongan, seraya menambahkan hal itu patut menjadi perhatian seluruh SKPD.

Kata dia lagi, selain kinerja pegawainya, masing-masing SKPD harus memperhatikan sinkronisasi aparat hukum dan jajarannya, kerukunan antar umat beragama, peningkatan akses dan kualitas pendidikan, pelestarian dan pengembangan budaya, pelestarian dan pengembangan potensi alam, penerapan pelaksanaan clean government dan good governance, menurunkan angka kematian ibu dan bayi, kualitas usaha mikro kecil dan menengah, meningkatkan umur harapan hidup, peningkatan jumlah kunjungan wisata, peningkatan pertumbuhan ekonomi, peningkatan produksi pertanian dan perikanan, peningkatan ketahanan pangan, infrastruktur, juga peran serta masyarakat melestarikan lingkungan hidup.

“Itu harus diperhatikan sesuai dengan tupoksi (tugas pokok dan fungsi) setiap SKPD,” pungkasnya.

Diketahui, pada evaluasi itu, Mokodongan didampingi Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Mecky M. Onibala, Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan Ir. Roy Roring, dan Asisten bidang Administrasi Umum Edwin Silangen MS. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading