Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Monareh: Juli, KUA PPAS Disampaikan ke Dekot Manado

Staff Manado Today   |   17 Juni 2011 – 18:04 WITA

Manado Today – Pemkot Mando kini tengah mempersiapkan penyusunan APBD-Perubahan dan APBD 2012. Sekkot Manado Harold Monareh SH Msi mengatakan, dalam penyusunan APBD-P dan selanjutnya penyusunan APBD 2012, memang wajib melalui proses yang tentunya sesuai dengan aturan.

Sehingga apa yang nantinya akan disampaikan ke pihak legislative, itu sudah ada kajian seperti melalui penyusunan Rencana Strategis (Renstra), Rencana Kerja (Renja) dan Laporan Akuntabilitas Kinerja (LAKIP) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Ini merupakan rangkaian dari proses perencanaan dan pelaporan sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 tentang tahapan, tata cara penyusunan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah serta tentang akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Artinya, itu semua harus sesuai dengan prosedur penyusunan hingga pada hubungan antar dokumen perencanaan,” terang Monareh.

Lanjutnya, perlu dibedakan antara siklus pengelolaan APBD dengan siklus penganggaran daerah. Siklus APBD lebih luas hingga prosedur pertanggung jawaban APBD.

“Sedangkan siklus penganggaran daerah merupakan bagian dari siklus APBD yang mencakup penyusunan kebijakan umum APBD sampai dengan disusunnya rancangan APBD. Sedangkan APBD Perubahan merupakan revisi terhadap APBD tahun anggaran berjalan yang meliputi komponen pendapatan, belanja, dan pembiayaan daerah yang harus disetujui antara pemerintah dan legislatif. Ini karena proses penyusunan APBD perubahan merupakan hal yang sangat teknis dan diatur oleh undang-undang dan peraturan menteri,” jelas Monareh.

Lebih lanjut dikatakan Monareh, dalam proses penyusunan APBD Perubahan 2011 ini meliputi 7 tahapan mulai dari penyusunan KUA PPAS sampai dengan penerbitan DPPA SKPD.

Dimana dalam pelaksanaan prosesnya diatur dari berbagai unsure, baik waktu maupun teknis penyusunan dengan undang-undang. “APBD perubahan ini digunakan sebagai dasar dan gambaran kegiatan buat masyarakat yang akan dilakukan oleh pemerintah daerah,” imbuhnya.

Disinggung limit waktu dalam penyusunan APBD perubahan tersebut, Monareh mengatakan, sesuai dengan rencana pada pertengahan bulan Juli KUA PPAS telah disampaikan ke Dekot.

“Saya ingatkan kepada seluruh SKPD hingga di tingkat camat dan lurah, dalam penyusunan nanti, baik itu penambahan dan pengurangan, harus dila-porkan,” kuncinya.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading