Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tokoh Today

Monareh, Sekkot yang Melewati Empat Walikota

Redaksi Manado Today   |   19 November 2010 – 01:08 WITA

harold monarehSEDERHANA, supel dan berjiwa pekerja adalah sekilas dari seorang PB Monareh SH MSi. Pria yang dilantik sebagai Sekretaris Kota Manado Kamis (18/11/2010) ini merupakan sosok yang memiliki talenta tersendiri. Bahkan kemampuan serta bakat kepemimpinannya sudah terlihat sejak ia masih kecil tatkala disenangi dan dikagumi teman sepermainan.

Suami dari Dra Adelina J Mokalu ini, dibimbing ajaran Kristiani dan taat beribadah. Integritas pribadinya diakui sangat ramah dan bersahaja dan inilah yang membuatnya dekat dengan lapisan masyarakat dan dipercayakan sebagai Ketua Pria Kaum Bapa Wilayah Malalayang.
Ayah dari Hanna Nina Ireine Monareh SPi yang adalah masiswa S2 Psikologi Univesitas Jakarta dan Ria Engelina Monareh SE juga Mahasiswa S2 sekaligus Kariawan Bank Asing di Jakarta ini, menjalani motto adalah bagian dari pelayanan.

Pria kelahiran Kumelembuai 16 Maret 1961 pun melalui pendidikannya dari kampong, hingga melanjutkan studi di Fakultas Hukum dan S2 pasca serjana Unsrat tahun 1999. Karirnya pun cukup gemilang. Mulai 1985 pengatur muda Tkt I/IIb di daerah Tingkat I Sulawesi Utara.
Selanjutnya, dipercayakan menjabat kepala Sub Bagian Pembinaan Bendaharawan, Biro Keuangan Setwilda Tingka I Sulut, sekaligus sebagai bendahara Pembangunan Kantor Gubernur bersama Dr Ir Godbless Vicky Lumentut MM MSi DEA, sebagai pimpinan proyek. Kemudian tahun 2003 dipercayakan menjabat kepala Sub Dinas Retribusi dan Pendapatan Provinsi Sulut. Dari sanalah keriernya menanjak hingga tahun 2006 dipercayakan menjabat Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kota Manado.

Prestasi gemilang diukirnya dengan melampaui target PAD. Dan akhirnya dipercayakan menjabat Asisten Bidang Admistrasi Umum Setda Kota Manado pada bulan April 2008.
Sifat pekerja keras dan tulus, kreatif dan inofatif menangatnya dilantik sebagai Plt Sekretaris Kota Manado 3 Desember 2008 sampai 16 November 2009.

Berkat kerja keras dan kepiawannya sehingga Presiden RI memberikan penghargaan kenaikan pangkat istimewa menjadi Pembina Utama Muda/IVc (satu-satunya di Sulut) dan sejak 18 Juni dipercayakan kembali menjabat Plt Sekretaris Kota Manado dan akhirnya 18 November 2010 dilantik menjadi Sekretaris Definitif.

Julukan birokrat Handal dan pekerja keras pun dialamatkan kepada putra Minahasa Selatan Atas ini. Bahkan salah satu sejarah yang bisa diukirnya menjadi Sekretaris Kota pada empat Walikota masing-masing Jimmy Rimba Rogi, Abdi Buchari, SH Sarundajang dan Robby Mamuaja. Bahkan akan masuk Walikota kelima saat Walikota pemenang Pemilihan Kepala Daerah tahun 2010 dilantik.
“ Saya tidak ada apa-apanya tampa bimbingan Tuhan. Jabatan ini adalah kepercayaan yang telah dianugrakan. Kita hanya bisa mensyukuri dan mejalaninya saja, “ katanya.(*/aldi)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Komentar ditutup.

Loading