Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Montori : Administrasi Lengkap, Dana Sertifikasi Guru Langsung Dicairkan

Aldi Mawitjere   |   24 Mei 2012 – 06:59 WITA

MANADO, (manadotoday.com) — Keluhan tunjangan sertifikasi guru yang hampir terjadi setiap tahun merupakan masalah nasional. Pasalnya, selain dana APBN yang datang tidak tepat waktu, juga disebabkan keterlambatan dan ketidak disiplinan proses administrasi yang harus diselesaikan oleh guru. Demikian ditegaskan Kabag Humas Pemkot Manado, Drs Soleman Montori MPd.Dijelaskannya, salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah memberikan tunjangan sertifikasi kepada guru yang memiliki kompetensi profesional, pedagogik, kepribadian dan kompetensi sosial.

“Guru sertifikasi yang telah di SK-kan oleh Kemendikbud via Dirjen harus diverifikasi lagi oleh Dinas Pendidikan. Tujuan verifikasi adalah untuk, mengetahui jumlah jam mengajar guru minimal 24 jam perminggu,”ujarnya.

Dalam pencairan dana sertifikasi harus melalui administrasi yang lengkap. Di Kota Manado misalnya, sesuai SK Kemendibud, guru yang menerima tunjangan sertifikasi berjumlah 2887.

“Selanjutnya, apakah guru masih mengajar atau tidak, misalnya sakit selama sekian bulan,pensiun, meninggal dunia, atau telah pindah ke daerah lain. Terakhir, mengetahui apakah nomor rekening guru penerima tunjangan sertifikasi masih aktif atau telah diganti. Jika salah satu hasil verifikasi tidak dipenuhi, tunjangan sertifikasi bisa tertunda,”jelas Montori.

Ditambahkanya, proses verifikasi, Dinas Pendidikan mengajukan permintaan ke Bagian Keuangan untuk ditransfer ke rekening guru.

“Jadi, keterlambatan pembayaran tunjangan sertifikasi adalah masalah klise setiap tahun dan penyebab utamanya adalah masalah ketidakdisiplinan administrasi,”ungkap mantan Sekretaris Dinas Pendidikan itu.

Seperti diketahui, jumlah tunjangan sertifikasi bagi guru yang lulus sertifikasi sebesar satu kali gaji pokok bagi guru PNS. Dan diterima setiap 6 bulan sekali.

“Ingat, dana sertifikasi bukan gaji, tapi tunjangan dan dananya langsung ditransfer ke rekening masing-masing guru. Tunjangan sertifikasi yang diterima tidak ada potongan, kecuali pajak sesuai golongan. Artinya, setiap kabupaten dan kota memiliki guru sertifikasi yang tidak sama jumlahnya,”tandasnya.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading