Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Montori: Pemkot Manado Siap Diaudit BPK

Aldi Mawitjere   |   9 Mei 2012 – 08:56 WITA
siap di audi BPK RI

Pamkot Manado Siap Diaudit BPK RI

MANADO, (manadotoday.com) – Dipastikan dalam 25 hari kedepan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulut, akan melakukan pemeriksaan pengelolaan keuangan tahun 2011 di Pemkot Manado. Terkati dengan pemeriksaan tersebut, juru bicara (Jubir) Pemkot Manado, Drs Soleman Montori MPd, mengatakan Pemkot Manado siap untuk diaudit dan diperiksa BPK RI.“Semua aturan yang terkait dengan pengelolaan keuangan pastinya diikuti Pemerintah Kota. Jadi Pemkot Manado siap diaudit atau diperiksa. Bahkan sesuai petunjuk Walikota, diharapkan kepala SKPD terbuka dalam kegiatan BPK tersebut,”tegasnya.

Disatu sisi, dikatakan Montori, terkait mekanisme LKPD menurut Permendagri Nomor 13 Tahun 2006, pasal 297 ayat (1) bahwa LKPD disusun pemerintah dan disampaikan oleh pemerintah daerah untuk dilakukan pemeriksaan.

Untuk itu, hasil pemeriksaan BPK pada Tahun 2011, yaitu hasil audit LKPD dan hasil audit kinerja disampaikan oleh BPK secara bersamaan ke pemerintah kota Manado dan pimpinan dewan untuk ditindaklanjuti. Sebagaimana telah diatur di dalam Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung jawab Keuangan Negara, pasal 17 ayat (2) menyatakan bahwa laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah daerah disampaikan oleh BPK kepada DPRD selambat-lambatnya 2 (dua) bulan setelah menerima laporan keuangan dari pemerintah daerah.

“Nah, Peraturan lainnya tentang LKPD diatur di dalam Permendagri Nomor 13 tahun 2006, pasal 298, yang menyatakan bahwa kepala daerah menyampaikan rancangan peraturan daerah tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD kepada DPRD paling lambat 6 (enam) bulan setelah tahun anggaran berakhir,”jelas Montori.

Seperti halnya laporan keuangan meliputi, laporan realisasi anggaran, neraca, laporan arus kas, catatan atas laporan keuangan serta dilampiri laporan kinerja yang telah diperiksa BPK.

Pemeriksaan rutin tiap tahun BPK RI itu, guna menindaklanjuti pengelolaan keuangan sesuai ketentuan dan aturan tahun anggaran 2011, dipimpin Amri Yoawa SE Ak.

“Tugas BPK selain memeriksa keuangan, juga memberikan dorongan perbaikan. Sehingga, opini yang diperoleh jadi sangat baik. Karena, berdasarkan pengalaman sering terjadi kesalahan yang berulang-ulang yang dilakukan SKPD,”jelas Yoawa. (ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading