Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline

Monumen dan Situs Bersejarah Banyak ‘Tabiar’

Redaksi Manado Today   |   28 November 2010 – 16:22 WITA

Manado Today – Geliat Nyiur Melambai untuk menjadi kota pariwisata dunia kedepan, memang menjadi agenda utama jajaran Pemerintah Daerah (Pemda) di Sulut.

Waruga salah satu Obyek Wisata yang tetap butuh perhatian Pemerintah (foto : MT)

Hal tersebut terlihat dengan digenjotnya pembangunan sarana dan fasilitas penunjang di seluruh daerah ini.
Ironisnya, ada suatu hal yang justru sangat penting telah dilupakan oleh pemerintah, dimana sedang keasyikan membangun infrastruktur daerah, justru melupakan atau cenderung membiarkan aset-aset bersejarah yang seharusnya menjadi ciri khas daerah sebagai daya tarik utama para turis mancanegara menjadi terbengkalai.
Sebut saja, monumen dan tugu bersejarah, situs purbakala seperti waruga dan juga bangunan peninggalan perang dunia yang termasuk dalam daftar objek wisata, sekarang dibiarkan tidak terurus.
Masalah ini mengundang keprihatinan khusus Jurry Monintja, tokoh pemuda desa Tasuka Kecamatan Kakas, menurutnya pemerintah harus lebih peka dan memperhatikan kelangsungan peninggalan bersejarah ini.
Parahnya lagi, beberapa situs bersejarah tersebut sebagiannya telah habis dijarah tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.
“Objek wisata peninggalan tentara Jepang yang berada di desa kami sekarang sudah tidak terurus, seharusnya peninggalan tersebut dipugar oleh pemerintah,” tuturnya.
Seharusnya, jika pemerintah ingin menjadikan Sulawesi Utara menjadi kota tujuan pariwisata, semestinya lebih mengutamakan situs-situs bersejarah ini, bukan direpotkan dengan keuntungan dan urusan politik semata. (rafly)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading