Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Motto ‘Sukses’ PLN Suluttenggo Untuk Kemajuan

Aldi Mawitjere   |   23 Mei 2012 – 07:28 WITA
Suluttenggo

PLN Suluttenggo Menuju 'SUKSES'

MANADO,(manadotoday.com) – Kemajuan berbagai usaha tergantung dari kinerja dan upaya tiap karyawan. Untuk menghasilkan kemajuan, maka perlu diterapkan semangat kerja dan kejujuran.

Tak pelak, demi kemajuan bersama masyarakat, PT PLN (Persero) Suluttenggo menerapkan program SUKSES atau Semangat, Unggul, Kompak, Santun, Efisien dan Setia.“Kemajuan perusahaan perlu ditentukan melalui kinerja yang baik, sehingga memperoleh hasil maksimal yang disebut sukses,” ungkap Kepala Deputi Humas PT PLN Suluttenggo, Lefrand Maleke.

Lanjut dikatakan Maleke, ada tiga hal yang terpenting yakni jujur, cakap (kompeten) dan bersemangat.

”Tiga nilai ini minimal, tak bisa dikurangi lagi. Karena, orang jujur dan cakap tapi tanpa semangat tidak akan menghasilkan output. Begitu pulah dengan manusia jujur dan bersemangat tapi tidak cakap, akan menghasilkan output yang salah atau buruk. Karyawan cakap dan bersemangat tapi tidak jujur malah akan membahayakan diri sendiri dan perusahaan,”jelas Maleka.

Makanya, tiga nilai ini boleh disempurnakan dengan nilai-nilai utama yang lain, tapi tiga itulah yang minimal.

“Jujur itu mengungkapkan hal yang benar dengan lengkap. Jujur itu tidak mau menerima sesuatu yang bukan haknya,”tandasnya.

Dalam urusan uang, jujur bagi anggota perusahaan adalah hanya menerima uang dari perusahaan tempat bekerja, serta menolak menerima uang atau barang dari pihak-pihak yang berurusan dengan perusahaan, apalagi dari sesama anggota perusahaan, baik dari atasan, dari bawahan, maupun dari rekan kerja. Jujur itu tidak menerima uang suap (bribery) dan tidak juga menyuap.

PLN saat ini sedang gencarnya mencanangkan ‘Tidak Menerima Tip dan Suap’. Para petugas PLN harus tegas mengatakan tidak mau menerima hadiah kepada tamunya, baik saat bertemu di kantor maupun di luar kantor.

“Jujur termasuk ketika berurusan dengan data, menyajikan data apa adanya, tidak diatur-atur supaya datanya bagus,”tuturnya.

Dengan mengungkap data apa adanya, maka kita bisa dengan mudah dan benar mengukur pencapaian kita, dan dengan mudah memperbaikinya ke arah yang lebih baik dengan cara yang benar pada area yang benar.

Cakap atau kompeten adalah mampu melaksanakan tugas yang diembannya. Kalau seseorang merasa belum cakap dalam bidang tugasnya, dia bisa belajar dari rekan kerjanya, atau minta dilatih ke atasannya. Kalau seorang atasan melihat ada anak buahnya yang belum cakap, maka ia wajib melatih anak buahnya.

Kecakapan itu pada dasarnya melekat pada setiap anggota perusahaan, namun terlihat sebagai kecakapan kelompok manakala telah dibakukan dan dibekukan dalam bentuk sistem and prosedur, dan kemudian diwariskan dari generasi ke generasi. Kecakapan bisa berupa soft skill dan hard skill.

Bersemangat maksudnya berkeinginan kuat untuk menyelesaikan pekerjaan dan membuahkan hasil, melalui ketekunan dalam menjalankan tugas. Bagi sebagian orang, semangat bisa timbul dari rangsangan eksternal, seperti iming-iming hadiah material, kenaikan pendapatan atau sekedar tepuk bahu dibarengi pujian (reward), bahkan kadang perlu ada ancaman hukuman (punishment). Dengan modal manusia-manusia PLN yang jujur, cakap dan bersemangat, cita-cita menjadi perusahaan energi raksasa Asia akan tercapai melalui penyempurnaan proses bisnis berkelanjutan, perbaikan interaksi internal antar insan dan antar bagian perusahaan, maupun perbaikan interaksi dengan pemasok dan pelanggan. (ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading