Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Mulai Tahun Depan Pembuatan e-KTP di Bitung Dikenakan Biaya

Aldy Monareh   |   9 Juli 2012 – 22:50 WITA

BITUNG, (manadotoday.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) bakal mengenakan biaya untuk pembuatan elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) pada tahun 2013 mendatang.

Hal ini terungkap dari pembicaraan Pansus I DPRD Bitung dan pihak terkait ketika membahas Rancangan peraturan daerah (Ranperda) Retribusi jasa umum, Senin (9/7) siang tadi.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Drs Wellem Muaya, dalam rapat tersebut, mengungkapkan, bahwa biaya yang akan dikenakan Disdukcapil Bitung pada pembuatan e-KTP 2013 nanti,  untuk Warga Negara Asing (WNA) akan dikenakan Rp 100.000, Warga Negara Indonesia (WNI) Rp 75.000, sementara WNI wajib e-KTP sebagai data base negara, yang baru menginjak usia 17 tahun tidak akan dipungut biaya.

”Penentuan besaran biaya pengurusan e-KTP ini, berdasarkan ketentuan Kemendagri,” ujar

Sementara itu Ketua Pansus I Victor Tatanude mengatakan bahwa Ranperda pengurusan e-KTP ini, diperkirakan selesai pada bulan Juli ini.

”Namun untuk penerapannya nanti akan dilakukan pada tahun 2013 mendatang sebagai bagian dari pendapatan asli daerah,” terangnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading