Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Naiknya Harga Cengkih tak Digubris Petani

Staff Manado Today   |   2 September 2011 – 23:28 WITA

Manado Today – Kendati harga cengkih melonjak tinggi hingga 210 ribu per-kilogram, namun hal ini ternyata tak digubris oleh petani cengkih. Pasalnya, kebanyakan petani menjual stok cengkihnya saat masih berada di bawah Rp 60 ribu. Karenanya petani sudah tidak merasakan margin kenaikan harga komoditas unggulan masyarakat Sulut tersebut.

“Meskipun harga cengkih saat ini Rp 500 ribu per-Kilogram, sementara stok tidak ada pada petani itu kan sama juga bohong,” ujar Bu Tambalean, petani asal Rerer Kecamatan Kombi.

Tambalean pun berharap, harga cengkih tersebut dapat bertahan hingga tahun kedepan, karena diperkirakan tahun kedepan cengkih akan berbuah.

Diketahui komoditas cengkih, merupakan salah satu unggulan masyarakat Sulut, lebih dari 100 ribu kepala keluarga di Sulut menyandarkan hidupnya dari hasil cengkih.

Produksi cengkih petani Sulut dalam kondisi panen raya berkisar 15 ribu ton, tetapi biasanya rata-rata produksi tahunan berkisar 6-7 ribu ton.(ant/ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading