Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Nusa Utara

Nelayan Asing di Sangihe Ancaman Bagi Stabilitas Daerah

Redaksi Manado Today   |   27 Agustus 2012 – 14:34 WITA

Terkait Kasus Penikaman Sesama Nelayan asal Filipina

TAHUNA, (manadotoday.com) – Keberadaan ratusan nelayan asing asal negara tetangga Filipina yang bekerja pada sejumlah pemilik kapal penangkap ikan di Sangihe, dinilai menjadi ancaman bagi stabilitas di Kabupaten Sangihe.

Kondisi itu terkait kasus penikaman sesama nelayan asal Filipinan yang terjadi Rabu (22/8) pekan lalu, yang mengakibatkan Junjun (20) mengalami luka dia bagian perut bagian kiri akibat ditusuk JF alias Jeffry (28), yang nota bene sebagai rekan kerjanya sebagai nelayan.

Peristiwa berdarah ini sempat mengundang perhatian warga di Kelurahan Tidore dimana pelaku dan korban tinggal.

Meski menurut Kapolres Sangihe, AKBP H Silagan SIK, tersangkanya sudah diamankan dan diproses, namun dampaknya dari kejadian itu sangat berpengaruh terhadap stabilitas di daerah ini.

“Kasus ini menjadi pembelajaran bagi pemerintah daerah, untuk segera mengambil langkah tegas dengan memulangkan para nelayan asing dari daerah ini, apalagi jumlah mereka sudah mencapai ratusan orang,” ujar Johny Rompas, warga Tahuna saat menghubungi manadotoday.

Dia bahkan mempertanyakan kinerja Kakan Kesbangpol Sangihe, Jefry Gaghana SH yang dinilai tak peka terhadap keberadaan para nelayan asing yang tinggal secara illegal di daerah ini.

Rompas juga mempertanyakan sejumlah oknum aparat yang mempekerjakan para nelayan asing ini di kapal penangkap ikan milik mereka. Harusnya, kata Rompas, oknum aparat tak mempekerjakan nelayan asing, karena selain tak memiliki identitas yang jelas, para nelayan asing ini tampak bebas lalu-lalang di ibu kota Kabupaten Sangihe. (nal)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading