Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Nihil, Kontribusi Pabum Lahendong di Kota Tomohon

Manado Today   |   13 Februari 2011 – 12:23 WITA

Tomohon Today—Meski merupakan daerah penghasil, namun hingga kini Panas Bumi (Pabum) Lahendong, belum memberikan kontribusi ke Kota Tomohon. Ini sangat jauh berbeda dengan apa yang diberikan oleh perusahaan kepada daerah penghasil lainnya di Indonesia, seperti di Jawa Barat dan Aceh.

Aktifis Tomohon Jeffry ‘Jepol’ Polii SIK mengatakan, ini merupakan pelecehan terhadap masyarakat Tomohon, sebab kekayaan alam terus dieksploitasi namun tak memberikan kontribusi. Malah terus merugikan dengan melakukan pencemaran.

‘’Ini harus dipikirkan bersama oleh pemerintah dan masyarakat Tomohon. Jangan hanya mau dibodohi oleh perusahaan pengelola kekayaan alam yang ada di daerah kita,’’ tegas Jepol.

Senada dikatakan aktifis lainnya Michael Lela SP. Menurutnya, pemerintah maupun masyarakat Tomohon jangan hanya mau dibodohi seperti yang terjadi saat ini. Sudah sekian tahun beroperasi namun tidak memberikan kontribusi apa-apa bagi Tomohon.

‘’Paling tidak, Tomohon memperoleh hak kesulungan. Minimal tidak ada pemadaman listrik karena hampir 20 persen pasokan listrik di Sulut berasal dari Tomohon. Tapi, yang terjadi malah sebaliknya. Kekayaan alam sudah diambil, lingkungan dicemarkan, pemadaman listrik masih terjadi dan tidak ada kontribusi sama sekali,’’ tukas Lela. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading