Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Novianty Ingatkan Pemkot Manado Tentang IMB

Aldi Mawitjere   |   1 April 2012 – 13:10 WITA

Terkait Pembangunan Dekat Jembatan Kairagi
Manado, (manadotoday.com) –Pengamat tata ruang Novianty mengingatkan Pemerintah Kota Manado, terlebih instansi teknis untuk lebih hati-hati dalam mengelurkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Pasalnya, undang-undang tata ruang sudah semakin jelas.
“Undang-undang itu sudah semakin jelas, bahkan ada punishment dan bukan hanya sanksi administrasi tapi hukuman kurungan serta denda,”ujar Novianty.
Lanjut dikatakannya, untuk mengeluarkan IMB itu memiliki dasar yang kuat berdasarkan rencana jangka panjang yakni Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).
“Enta itu IMB tempat usaha maupun tempat tinggal diatru dalam undang-udnang. Maka itu RTRW dasar pemberian izin. Nah, terkait kasus bangunan dekat jembatan Kairagi yang sudah mengunakan sepandan sungai teorinya tidak boleh tertutup bagunan dan tinggal lebarnya yang diatur,”jelasnya.
Hanya saja, jika suatu kota RTTW belum cukup oprasional atau belum bisa dipakai pedoman untuk mengluarkan IMB, karena belum ada hitung-hitungan angka-angkanya. Maka Pemkot Manado dalam hal ini Dinas terkait wajib membuat rencana detail dari suatu kawasan yang ingin ditangani.
“Misalnya sungai, dibikinlah rencana diteil sepandan sungai. Contoh inspeksi dalam kota 2 hingga 3 meter, karena mahal lahannya atau sudah banyak bangunan. Tapi kalau makin keluar kota sepandan sungainya semakin besar bisa 5 – 6 meter. Jadi kasus tersebut harus dicek keberdaan IMBnya, karena dapat diketahui siapa yang disalahkan,”jelas Novianti sembari menambahkan bahwa yang mengeluarkan IMB itu adalah pengambil kebijakan. Maka itu dia berharap untuk lebih hati-hati dalam pengeluarkan IMB.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading