Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Nyiur Terancam Tidak Akan Lagi Melambai di Minahasa Selatan

David Masengi   |   30 Maret 2012 – 15:33 WITA

AMURANG (manadotoday.com) – Tanaman Kelapa untuk beberapa tahun kedepan terancam tidak akan lagi melambai di Kabupaten Minahasa Selatan. Pasalnya satu persatu kini tanaman kelapa sudah mulai dipotong untuk dibuat kayu, tanpa dilakukan peremajaan, yang mengakibatkan hasil produksi kelapa dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan.
Dari data yang dihimpun manadotoday hasil produksi kelapa di Kabupaten Minsel tahun 2009 mencapai 52,270 ton, dan pada 2010 jumlah tersebut menurun menjadi 49,349 ton, dan hanya sedikit mengalami mengalami kenaikan pada 2011 yakni 51 ribu ton.
Kepala Dinas Perkebunan Minsel Imanuel Tapang melalui Kepala Bidang Perkebunan  Marthin Luther, ketika dimintai tanggapannya membenarkan hal ini.
Menurutnya disamping pemotongan Kelapa yang dilakukan oleh warga tanpa dilakukan peremajaan, penyebab lainnya juga karena , busuk pucuk Kelapa saat ini di Kabupaten Minsel merajalela.
”Menurunnya produksi kelapa disebabkan karena busuk pucuk, ” ujarnya sembari meminta agar warga tetap akan melakukan peremajaan Kelapa sehingga tanaman Kelapa yang merupakan produksi andalan Suluawesi Utara termasuk Kabupaten Minahasa Selatan tidak akan punah. (dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading