Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Nusa Utara

OK Makagansa : Banyak Bantuan Pemerintah Salah Sasaran

Redaksi Manado Today   |   20 Februari 2012 – 19:41 WITA
Staff khusus bupati sangihe

Drs. OK Makagansa MSi

Tahuna, (manadotoday.com) – Pemberian bantuan lansung pemerintah kepada masyarakat melalui program pemberdayaan, selang dua tahun terakhir ini, banyak yang salah sasaran sehingga tidak sesuai dengan peruntukannya. Penegasan tersebut dikemukakan Drs OK Makagansa MSc, salah satu staf khusus Bupati Sangihe pada acara semeinar sehari Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Sangihe yang dilaksanakan di Restoran Jane Kamis pekan lalu.
Mantan Sekda Sangihe di jaman pemerintahan Salindeho-Gaghana (Saligana) itu, dengan tegas menyatakan pemberian bantuan langsung pemerintah melalui program pemberdayaan masyarakat yang salah sasaran itu, adalah sebuah indikator pemerintahan yang tidak konsisten bahkan cenderung gagal.
“Pemberian bantuan langsung pemerintah yang salah sasaran itu, adalah sebuah indikator pemerintahan yang tidak konsisten dan cenderung gagal. Mestinya, bantuan langsung pemerintah yang diberikan kepada masyarakat lewat program pemberdayaan itu, harus benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat yang membutuhkannya, bukannya bantuan itu menyerempet ke oknum-oknum yang tidak semestinya menerima bantuan itu,” tegas Makagansa.
Kakak kandung Bupati Sangihe itu kemudian memberikan contoh soal pemberian bantuan ratusan mesin ketinting dari Pemerintah daerah melalui Dinas Perikanan Kelautan kepada masyarakat, dimana hingga saat ini tidak ada kejelasannya, sebagian besar warga yang menerima bantuan mesin ketinting itu bukan nelayan, sehingga mesin katinting itu dimodifikasi menjadi mesing penggiling sagu.
Kalau pemerintah benar-benar membantu kehidupan masyarakat nelayan yang ada di Kabupaten Sangihe, maka yang patut dilakukan adalah membangun cool storge atau pabrik es, sehingga para nelayan yang mendapatkan hasil tangkapan ikan melimpah tidak akan mengalami kesulitan dalam memasarkan hasil tangkapan mereka karena bisa diawetkan dengan es.
Olehnya, Makagansa meminta kepada Bupati dan Wakil Bupati Sangihe melalui instansi teknisnya, agar kedepan, sebelum memberikan bantuan kepada masyarakat, dilakukan kajian secara mendalam terlebih dahulu, agar bantuan tersebut tepat sasaran dan tidak mubazir.
Dia juga meminta kepada seluruh komponen masyarakat agar turut serta dalam melakukan pengawasan secara kontinyu, terkait bantuan-bantuan langsung pemerintah yang tujuannya untuk kesejahteraan seluruh masyarakat. (nal)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading