Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Hukum dan Kriminal, Nusa Utara

Oknum Anggota Panwas Sangihe Dilapor ke Polisi

Redaksi Manado Today   |   22 Maret 2012 – 22:31 WITA

Tahuna, (manadotoday.com) – Oknum anggota Panitia Pengawas (Panwas) Pemilu Kabupaten Sangihe berinisial JL alias Liatahi, tampaknya harus berhadapan dengan aparat kepolisian, Unit Tipikor Polres Sangihe, setelah dirinya dilapor oleh Bendahara Sekretariat  Panwas Tahuna, terkait dengan dana Panwas 2011 sebesar Rp 165 juta yang diduga digelapkan yang bersangkutan.
Hal tersebut dibenarkan Kapolres Sangihe, AKBP H Silaggan SIK melalui Kabag Humas Polres Sangihe, AKP Lolaroh kepada sejumlah wartawan, Kamis (22/3/2012).
Lolaroh mengatakan, berdasarkan laporan yang masuk ke Unit Tipikor, JL ditengarai menggelapkan anggaran sebesar Rp 165 juta yang merupakan dana pembayaran honor bagi sejumlah petugas Panwas di tingkat kecamatan.
“Bendahara dan staf sekretariat Panwas Sangihe sudah dimintai keterangan oleh penyidik unit Tipikor, Rabu kemarin, sementara yang bersangkutan, saat ini sedang berada di Manado. Kasus masih dalam proses penyelidikan,” ujar Lolaroh.
Sementara itu, ketua Panwas Sangihe, Ir Dedy Sinedu membenarkan soal pelaporan anggotanya di Mapolres Sangihe, terkait dugaan penggelapan dana tersebut.
Disisi lain, bendahara Panwas kepada manadotoday menyampaikan kronologis, raibnya dana sebesar Rp 165 juta itu. Tanggal 21 Desember 2011, JL mencairkan dana sebesar Rp 500 juta di Bank Sulut Cabang Tahuna dengan menggunakan cek yang dikeluarkan dari Dinas PPKA Pemkab Sangihe.
Pada tanggal 23 Desember JL menyerahkan uang sebesar Rp 305 juta kepada bendahara yang kemudian langsung membayar honor para anggota panwas kecamatan. Namun masih ada kekurangan dana. Bendahara kemudian mengecek di Bank Sulut dengan meminta print out pencairan dana, namun dari pihak Bank Sulut menjelaskan bahwa dana yang dicairkan itu secara tunai, karena menggunakan cek, sehingga tidak ada data prit outnya.
Bendahara bersama staf sekretariat Panwas kemudian mendatangi rumah JL kemudian menanyakan soal sisa dana yang masih berada di tangannya. Yang bersangkutan tidak bisa mengelak dan akhirnya mengakui jika dana tersebut telah terpakai dan dirinya akan mengembalikannya.
Namun hingga saat ini janji yang bersangkutan tidak ditepati, hingga akhirnya ketua bersama bedahara Panwas memutuskan untuk melapor ke Polres Sangihe.
Sementara JL, saat ini sedang berada di Manado untuk mencari pekerjaan. Yang membuat ketua dan bendahara Panwas kecewa, karena upaya kekeluargaan telah ditempuh namun JL justru berangkat ke Manado secara diam-diam. (nal)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading