Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Hukum dan Kriminal

Oknum Kontraktor Talaud Divonis 30 Bulan Penjara

Redaksi Manado Today   |   7 Juni 2012 – 21:50 WITA

MANADO, (manadotoday.com) – Seorang oknum kontraktor dalam kasus Dana Pasca Bencana Alam Talaud berinisial MR alias Rusdi divonis hukuman 2 tahun enam bulan penjara, pada sidang tindak pidana korupsi, di Pengadilan Negeri (PN) Manado.

Majelis hakim yang diketuai Armindo Pardede SH.MAP, didampingi Novry Oroh SH dan Veralynda Lihawa SH, serta Paniter Pengganti (PP) Ni Ketut Susan, memutuskan, MR bersalah dalam proyek pembangunan jembatan sungai Apan, yang dikerjakan pada 6 Desember 2007 – 3 April 2008.

Terdakwa terbukti melanggar dakwaan subsidair yaitu pasal 3 UU No 31 tahun 1999. Sebab dalam proyek pembangunan jembatan sungai Apan yang berbanderol Rp. 374 juta ditemukan kekurangan pekerjaan 38.96 persen atau sebesar Rp. 104.613.507,06.

Selain hukuman penjara, terdakwa juga dijatuhi hukuman denda sebesar Rp. 50 juta dengan subsidair 1 bulan kurungan, serta diharuskan membayar uang pengganti kerugian negara sebesar Rp. 103.613.507,06 setelah sebelumnya telah membayar uang Rp. 1 juta dari total kerugian negara tersebut.

Pada sidang itu, terungkap lagi, jika terdakwa tak mampu melunasi uang pengganti, maka harta benda terdakwa akan dilelang untuk melunasi kerugian negara atau diganti dengan hukuman kurungan selama 3 bulan.

Vonis ini, lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Corneles Heydmans SH, dengan hukuman 3 tahun 6 bulan.

Mendengar putusan ini, terdakwa yang didampingi kuasa hukumnya meminta waktu selama satu mingggu, untuk memikirkan kembali vonis hakim tersebut. (raf)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading