Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Nusa Utara

Oknum Mandor Pasar Manganitu Tagih Bea Tanpa Karcis

Redaksi Manado Today   |   5 Maret 2012 – 20:53 WITA

Tahuna, (manadotoday.com) – Sejumlah pedagang yang berjualan di Pasar Manganitu, mengeluhkan sekaligus mempertanyakan kebijakan oknum mandor Pasar berinisial AJ yang melakukan penagihan bea tanpa disertai dengan karcis sebagai bukti pembayaran bea dari para penjual.
Sejumlah pedagang tradisional yang menghubungi manadotoday, Senin (5/3/2012) menyesalkan sikap oknum mandor pasar yang dinilai melakukan tindakan pungli terhadap para penjual yang nota bene merupakan warga dari pelosok kampung di Kecamatan Manganitu yang jualann mereka hanya berupa sayur-sayuran dan hasil bumi lainnya, termasuk para penjual kue dimana keuntungan mereka hanya untuk membeli ikan saja.
Ironisnya lagi, para penjual yang mempertanyakan soal tidak adanya karcis sebagai bukti tagihan bea, oknum mandor pasar tersebut dengan enteng menjawab bahwa tagian pertama itu merupakan persembahan.
Mendengar penjelasan sang mandor pasar tersebut, para penjual lainnya langsung merelakan, karena bea yang ditagih dari mereka akan dipersembahkan ke sebuah tempat ibadah. Namun hal tersebut membuat penjual lainnya penasaran, hingga akhirnya mereka mendatangi Dinas Perindag dan Koperasi untuk mempertanyakan apakah ada aturan atau Perda yang mengatur tentang penagihan bea untuk persembahan. Robert Kansil, salah satu tokoh masyarakat setempat, mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh oknum mandor pasar itu, tidak punya dasar dan aturan apalagi Perda.
“Kami sudah mendapat penjelasan dari pihak Dinas Perindag dan Koperasi bahwa apa yang dilakukan oknum mandor pasar Manganitu itu ilegal karena tidak diatur dalam Perda,” ujar Kansdil, mengutip penjelasan petugas dari Dinas Perindag dan Koperasi, dimana mereka akan turun lapangan untuk mengecek persoalan tersebut.
Kansil, bahkan meminta agar oknum mandor pasar tersebut diganti dengan petugas yang tidak merusak citra pemerintahan HRM-JEG. (nal)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading