Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Ombudsman Sosialisasikan Kualitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Pemprov Sulut

Tonny Sumakul   |   2 Mei 2012 – 22:08 WITA
pelayanan publik Pemprov Sulut

Sosialisasi pelayanan publik dari Ombudsman di Pemprov Sulut

MANADO, (manadotoday.com) – Untuk lebih meningkatkan peran Ombudsman dalam peningkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik, tim Ombudsman RI melakukan kunjungan ke Pemprov Sulawesi Utara (Sulut), untuk mensosialisasikan terkait penyelenggaraan pelayanan public yang lebih baik kedepan.
Menurut Ketua Ombudsman, Danang Girindrawardana yang didampingi salah satu anggotanya, H. Khoirul Anwar saat mengunjungi Sulut, dipilihnya daerah “Bumi Nyiur Melambai” sebagai Provinsi tempat pelaksanaan sosialisasi pelayanan public ini, sebab Sulut dinilai telah memenuhi syarat untuk menjadi terdepan dalam pelayanan publik.
Kata dia, alasan lain juga yakni keberhasilan Provinsi Sulut dalam mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam pengelolaan keuangan dua kali berturut-turut.
Danang menjelaskan, untuk dapat menyelenggarakan pelayanan publik secara berkualitas, lembaga publik termasuk pemerintah memiliki dan harus melaksanakan sekurang-kurangnya tiga unsur penting, diantaranya, Standar Operasional Prosedur (SOP) dengan penyelenggaraan pelayanan prosedur, biaya dan waktu . kedua yakni adanya akses pengaduan masyarakat serta tersedianya tim pengelola pengaduan, agar pelayanan publik di suatu instansi itu dapat dinilai. Sedangkan ketiga, yakni membentuk tim pelayanan publik yang terpadu dan terintegrasi, supaya persoalan pelayanan publik dapat segera disolusikan dan dipangkas.
Sementara itu, Gubernur Sarundajang saat membawakan sambutan didampingi Wakil Gubernur Dr. Djouhari Kansil, M.Pd dan Sekprov Ir. Siswa Rahmat Mokodongan, mangatakan, keberhasilan Sulut meraih opini WTP dua kali berturut-turut, adalah juga disebabkan telah terbentuknya komitmen mulai dalam penyelenggaraan pemerintahan yang good governance dan clean government.
“Saat menandatangani piagam zona Integritas di Jakarta lalu, merupakan suatu kebangggaan dan tantangan yang cukup berat. Namun, saya yakin dengan komitmen dan konsistensi yang dijalankan Pemprov Sulut, selama ini akan mampu menjadi terdepan dalam pelayanan public,” tukas Sarundajang.
Ia menambahkan, Pemprov Sulut juga akan terus mendorong dan mengawasi semua instansi pemerintahan di daerah ini, sehingga dapat mempersiapkan hal-hal yang dimintakan oleh Ombudsman.
“Kami akan berupaya memperbaiki pelayanan public, sehingga di hari pelayanan public internasional 23 Juni nanti, Sulut akan dapat menjadi provinsi terbaik dalam penyelenggaraan pelayanan public,” terang Sarundajang. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading