Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Onibala: Penetapan Batas Wilayah Bitung – Minut Keputusan Bersama

Tonny Sumakul   |   4 September 2012 – 21:16 WITA
Asisten I Pemprov Sulut

Drs Mecky Onibala MM

MANADO, (manadotoday.com) – Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Pemprov Sulut, Drs. Mecky Onibala, menegaskan, penetapan dan penegasan batas wilayah Kota Bitung dan Kabupaten Minahasa Utara (Minut), merupakan keputusan bersama kedua daerah, yang difasilitasi oleh Pemprov Sulut.

“Penetapan batas wilayah Bitung – Minut, adalah keputusan bersama. Artinya, keputusan tersebut diambil oleh Pemkot Bitung dan Pemkab Minut, dengan difasilitasi oleh Pemprov Sulut,” tegas Onibala, selaku Ketua Penetapan Batas Wilayah Daerah di Pemprov Sulut, Selasa (4/9).Keputusan bersama menurut Onibala, artinya kedua pihak terutama masyarakat yang tinggal di daerah batas wilayah itu, hendaknya menerima apa yang telah menjadi keputusan tersebut. Pasalnya, penetapan penegasan batas wilayah Bitung – Minut itu, merupakan kesepakatan masing-masing pemerintah daerahnya, untuk kepentingan masyarakat.

“Jadi keputusan itu benar-benar dikaji sesuai aturan yang berlaku. Dan penetapan penegasan batas wilayah itu, disaksikan langsung Ditjen PUM Depdagri,” terang Onibala.

Disinggung terkait adanya penolakan warga yang tinggal di daerah batas wilayah terkait penetapan dan penegasan tapal batas itu, Onibala menjelaskan, agar Pemkab Minut dan Pemkot Bitung, lebih mensosialisasikan lagi ke masyarakat terkait keputusan tapal batas itu.

“Sosialisasi ke masyarakat harus lebih ditingkatkan. Sehingga, masyarakat akan dapat mengerti terkait langkah-langkah yang diambil, guna menentukan keputusan tersebut,” ungkap Onibala.

Ditambahkannya, diharapkan untuk masyarakat yang tinggal di daerah tapal batas itu, untuk menerima keputusan penetapan batas wilayah tersebut, demi kepentingan dan keamanan masing-masing daerah.

Diketahui, sebelumnya juga Wakil Gubernur Dr. Djouhari Kansil MPd, dan Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Setdaprov Sulut, menyampaikan hal yang sama terkait penetapan batas wilayah itu, yang harus lebih disosialisasikan kedua pemerintah ke masyarakatnya.

“Penetapan batas wilayah Bitung-Minut, mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 1 tahun 2006,” ungkap Kansil beberapa waktu lalu. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading