Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Operasi Pasar MT Bersubsidi Pemkot Bitung Dinilai Tidak Efektif

Aldy Monareh   |   16 Februari 2012 – 12:14 WITA

Bitung, (manadotoday.com) – Kebijakan pemerintah kota (Pemkot) Bitung melakukan operasi pasar Minyak Tanah (MT) Bersubsidi di setiap Kelurahan, menyusul dibatasinya kuota MT oleh pihak pertamina dalam rangka program pemerintah konversi minyak tanah ke gas, sehingga penyaluran MT Bersubsidi tidak lagi melalui pangkalan, dinilai sejumlah kalangan tidak efektif.
”Operasi Pasar yang saat ini dilakukan Pemkot nampaknya tidak efektif dan malah dimanfaatkan oleh sejumlah oknum untuk meraup keuntungan ,”terang Hasan Suga salah satu aktifis LSM di Kota Bitung.
Dicontohkannya penyaluran MT di Kelurahan Kakenturan I, malah dimanfaatkan oleh Lurah untuk menaikan harga, karena berdasarkan keluhan sejumlah masyarakat harga jual MT Bersubsidi yang seharusnya Rp 3 Ribu dijual oleh Lurah dengan Rp 4 Ribu, dan ini diakui sendiri oleh sang lurah dengan alasan untuk ongkos pengukur dan pengangkut.
”Kan aneh di saat program Operasi Pasar di Kelurahan lain berjalan lancar, kenapa justru di Kelurahan Kakenturan I harga jual MT Bersubsidi harus dinaikkan,” ketus Hasan.
Karena itu Hasan meminta agar penyaluran MT Bersubsidi, di setiap Kelurahan harus mendapat pengawasan pemerintah Kota dalam hal ini bagian Perekonomian dan aparat Kepolisian.
”Ini dilakukan agar penyalurannya tepat sasaran dan harganya sesuai HET,” tegasnya.
Sementara itu Kepala Bagian Perekonomian Kota Bitung Oktaf Kandoli, menyatakan bahwa kebijakan yang diambil Pemkot penyaluran MT Bersubsidi ditangani lurah, sudah merupakan langkah tepat karena justru akan meminimalisir penyelewengan.
”Jika memang ada temuan akan kami tindaklanjuti, karena selama ini saya belum mendapat keluhan warga terkait distribusi MT di Kelurahan Kakenturan I ini, apalagi setelah melakukan peninjauan lapangan tidak ada keluhan warga terkait hal ini,” tampik Kandoli. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading