Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Opini BPK Jadi Catatan Khusus Pemkab Mitra

Staff Manado Today   |   23 Desember 2011 – 10:07 WITA

Ratahan, MTC – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) memberi perhatian khusus terhadap hasil penilaian Laporan Pertanggungjawaban Keuangan tahun 2010. Menurut Kabag Humas dan Protokol Setda Mitra Drs Ezra Sengkey MSi, dengan opini ini, akan menjadi catatan khusus yang akan diperhatikan sungguh-sungguh pada waktu yang akan datang dalam setiap tindakan di SKPD-SKPD.
‘’Ini menjadi perhatian khusus Pemkab di waktu mendatang,’’ kata jebolan Pasca Sarjana UGM jurusan Manajemen Keuangan Daerah.
Pemkab akan lebih tegas dan seletif terhadap pembelanjaan yang diduga tak dapat dipertanggungjawabkan. Pembelanjaan yang belum dapat dipertanggungjawabkan diduga akan mengakibatkan terhambatnya proses pemerintahan dan proses pembangunan dan dianggap tidak cakap dalam penyerapan anggaran.
Pemkab juga harus memperhatikan jangan sampai seluruh SKPD tidak mau melakukan pembelanjaan, pembayaran, dan kontrak dengan pihak tertentu, karena SKPD tersebut takut jangan sampai terkena masalah administrasi di kemudian hari Kemungkinan diduga.
Merujuk pada hasil penilaian BPK untuk Mitra bahwa penyebabnya adalah, SDM yang berada di masing-masing SKPD, keterkaitan dengan pemerintahan sebelumnya, dan pengendalian internal yang belum maksimal dari masing-masing SKPD.
Terjadinya opini yang tidak baik, umumnya karena masalah administrasi pertanggungjawaban tetapi bukti fisiknya ada. Pun itu terjadi pada sebagian atau SKPD tertentu yang kewajibannya atau administrasinya tidak tuntas.
Jika terjadi pelanggaran atau ada kerugian negara yang signifikan, maka dengan menganut asas praduga tak bersalah, Pemkab siap mendukung penegakan hukum jika terjadi penyelewengan di masing-masing SKPD.
‘’Jika terjadi kesalahan kecil, di SKPD-SKPD Pemkab pasti akan memperbaiki,’’ ujarnya.
Ezra sapaan akrabnya mengungkapkan Opini BPK sangat penting, tetapi tidak selalu berbanding lurus dengan ketepatan dan hasil pembangunan ‘’Pemerintah Kabupaten Mitra telah melakukan perencanaan pembangunan. Dan pelaksanaan pembangunan langsung pada hal-hal yang dibutuhkan masyarakat dalam hal ini infrastruktur ke desa-desa yang memakan biaya yang sangat mahal,’’ tukasnya sambil menambah Pemkab berterima kasih kepada BPK yang telah melakukan koreksi dan pelurusan dalam pengelolaan yang tepat dan dapat dipertanggungjawabkan. (vel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading