Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Ottay : Batas Wilayah Minsel-Mitra Harus di Tinjau Kembali

David Masengi   |   12 Maret 2012 – 20:43 WITA

Amurang,(manadotoday.com) -Sejumlah warga Minahasa Selatan hingga saat ini masih mempersoalkan penetapan batas wilayah antara Minahasa Selatan (Minsel) dengan Minahasa Tenggara (Mitra). Pasalnya penetapan batas wilayah ini dianggap sangat merugikan Kabupaten Minsel.
Parahnya lagi, penetapan batas wailayah ini juga dinilai tidak sesuai dengan latar belakang sejarah dan keinginginan masyarakat.
Seperti halnya yang diungkapkan salah satu tokoh masyarakat Minsel, Simon Ottay yang meminta Kementerian Dalam Negeri meninjau kembali soal penetapan batas wilayah, antara Minsel dan Mitra karena terlalu berpihak ke Kabupaten Mitra.
”Saya mengingatkan lagi bahwa peta batas wilayah yang dikantongi Kabupaten Mitra adalah keliru. Jika diikuti dengan benara batas wilayah harus mengikuti mengikuti batas kepolisian Kelurahan Bitung dan Kelurahan Buyungon yang pasak atau dalam bahasa Tontemboan disebut Patok (Pembatas, red) ada diantara Desa Lobu dan Desa Silian yang dulunya Kecamatan Tombatu, bukan yang ada di peta milik Pemkab Mitra saat ini,”ujarnya.
Untuk itu, Ottay berharap agar Kemendagri meninjau kembali peta wilayah yang dikeluarkan tersebut.
”Apakah Mitra merupakan hasil pemekaran Minsel harus mengatur batas wilayah ? Lokasi Batu Hitam itu bisa jadi saksi. Bukan lantas batas wilayahnya ada di tugu di tengah-tengah Desa Ranoketang. Jika kamu tahu jaraknya masih jauh ke atas dari batas wilayah yang ada saat ini. Jadi intinya Kemendagri harus rubah itu, dan meminta pihak Pemprop Sulut dapat memfasilitasinya,” tutupnya.(dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading