Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Pajak Restoran Jadi Temuan BPK

Aldi Mawitjere   |   29 Februari 2012 – 21:45 WITA

Manado, (manadotoday.com) – Pajak restoran menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Dimana salah satu restoran di Kota Manado menunggak pajak hingga mencapai Rp 2,3 Milyar kepada Pemerintah Kota Manado. Hal ini diakui Kadis Pendapatan Kota Manado Bismark Lumentut SE.
Menurut mantan Kadis Pemadan Kebakaran itu, pihaknya sudah melakukan berbagai upaya pihak restoran menyelesaikan tunggakan.
“Kita sudah beberapa kali melakukan pertemuan, hingga surat paksa sudah ditempu. Hanya saja hingga saat ini pihak pengusaha restoran belum juga menindaklanjuti tunggakan tersebut,”ujar Lumentut.
Pelak saja, langkah hukum akan ditempuh pihak Dispenda, dengan membuat kesepakatan dengan Kejari Manado.
“Hari ini, saya sendiri telah mengambil langkah dengan melakukan tanda tangan kesepakatan dengan Kejari Manado, terkait tindaklanjut hutang pajak restoran,”jelasnya.
Lanjut dikatakan Lumentut, jika pihak restoran tersebut tidak menyelesaikan tunggakan pajak yang diketahui mencapai milyaran rupiah tentu akan mendapat hukuman.
“Itu jelas ada dampak hukum, kita mengacuh saja pada peraturan daerah nomor 2 tahun 2010 tentang pajak dan retribusi,”tandasnya.
Seperti diketahui, Kepala BPK RI Sulut, Rochmadi Saptogiri SE MM Ak, sebelumnya telah menyatakan jika melalui hasil analis dan waktu yang diberikan hingga 60 hari tidak ada penyelesaian bisa berpotensi dibawah ke proses hukum.
“Ada beberapa temuan yang disampaikan berdasarkan prioritas dan kemampuan kita. Dan resiko itu kemungkinan bisa ke hukum. Dan dari hasil temuan bisa kita sampaikan ke penegak hukum, kalau tidak ada tindaklanjut hasil rekomendasi yang diberikan selama 60 hari. Artinya, kalau nanti analisis secara hukum kita lakukan ada indikasi tindak pidana kita sampaikan ke aparat penegak hukum,”terang Saptogiri.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading