Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Pakaya Himbau Dinkes Tingkatkan Kinerja

Redaksi Manado Today   |   11 Maret 2011 – 13:30 WITA

Manado Today -Faujizah Stela Pakaja SE mengimbau kepada Dinas Kesehatan Manado agar lebih meningkatkan kinerja instansi. Apalagi dari pembahasan rancangan peraturan daerah (Ranperda) bersama Pansus I, Dinkes diketahui mengusulkan adanya kenaikan retribusi karcis puskesmas, dari Rp 1.000 menjadi Rp 5.000 per orang.
“Mereka sah-sah saja mengusulkan adanya kenaikan retribusi karcis puskesmas. Tapi hal ini harus dibarengi dengan peningkatan kinerja dari Dinas Kesehatan,” terang wakil rakyat terhormat dari Partai Amanat Nasional ini.
Disatu sisi, Stela yang juga Wakil Ketua Pansus I itu mengatakan jika dalam pembahasan, pansus tidak menyetujui usulan kenaikan retribusi karcis puskesmas. “Terlalu membebani jika warga harus dikenakan retribusi Rp 5.000. Yang kita setujui adalah separuhnya yakni Rp 2.500 per orang,” jelasnya.
Perempuan smart ini juga mengingatkan Dinas Kesehatan agar terus memantau kinerja masing-masing puskesmas yang ada. Dia mengecam keras jika kedapatan ada puskesmas yang melakukan pungutan kepada warga yang datang berobat, sekalipun untuk mendongkrak PAD Dinkes Manado.
“Poin inti dari pembahasan terkait ranperda ini, yakni Dinas Kesehatan harus meningkatkan kinerja mereka. Selain itu para warga yang datang ke puskesmas sejatinya wajib mendapatkan pelayanan yang prima. Masyarakat diimbau mengadu ke dewan jika puskesmas menarik retribusi yang lebih dari ketentuan,” tukas Stela.
Sementara, Kadis Kesehatan dr Yvonne Kaunang dalam pembahasan mengatakan usulan kenaikan retribusi karcis puskesmas terpaksa dilakukan mengingat sejauh ini belum adanya anggaran yang dikucurkan. “Apalagi harga obat-obatan sekarang naik. Sebelum diusulkan, kita juga telah rapatkan hal ini bersama seluruh kepala puskesmas yang ada,” terang Yvonne. (ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading