Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Info Today

Pameran Bencana di ARF Direx

Redaksi Manado Today   |   15 Maret 2011 – 20:54 WITA

Manado Today – Pameran bencana alam dan langkah penanggulangannya ikut meramaikan kegiatan Asean Regional Forum- Disaster Relief Exercise (ARF-Direx), di Manado, Selasa tadi.

Pameran tersebut dibuka Deputi Menko Kesejahteraan Rakyat Bidang Kerawanan Sosial Laksamana Pertama Willem Rampangilei, disaksikan Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sugeng Triutomo.

Kegiatan itu dinilai sangat tepat dan strategis dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait berbagai jenis bencana alam serta langkah penanggulangannya. Bencana alam gempa bumi dan tsunami merupakan bentuk ancaman harus diperhatikan oleh siapapun di muka bumi ini, seperti mengingatkan kita pada peristiwa di Aceh beberapa tahun lalu dan Jepang belum lama ini.

Pameran tersebut langsung dikunjungi sejumlah warga Manado, baik itu dari kalangan umum, jajaran PNS serta siswa dan mahasiswa. “Kami sengaja melihat dari dekat bentuk penanggulangan bencana dan tanggap darurat apa yang penting dilakukan ketika ada musibah,” ungkap Reynol, salah satu PNS Pemprov Sulut.

Salah satu mahasiswa perguruan tinggi negeri di Manado, Kiki M, mengharapkan pemerintah segera menjadikan kurikulum khusus sekolah atau perguruan tinggi tentang penanggulangan bencana. “Sebaiknya masukan dalam kurikulum sekolah, sehingga ada pembelajaran sejak dini kepada kita semua dan generasi muda,” lanjutnya.

ARF Direx sendiri merupakan pelatihan bersama internasional penanggulangan bencana alam, yang diikuti peserta Indonesia, Jepang, Asean hingga tamu-tamu dari Uni Eropa dan Asia Pasifik sebanyak 20 negara. (ann/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading