Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado Siar

Pangan Beredar di Manado Layak Konsumsi

Redaksi Manado Today   |   21 April 2011 – 21:30 WITA

Manado Today – Barang pangan yang beredar di hampir semua pasar swalayan di Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut) dalam kondisi baik, tidak ditemukan yang lewat masa berlaku atau rusak.
“Hasil tim pemantau yang turun di semua pasar swalayan, tidak menemukan barang yang sudah lewat masa konsumsinya,” kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut, Janny Rembet di Manado, Kamis.
Janny mengatakan, memang ada satu dua produk yang kemasannya penyot, tetapi tanggal kadaluwarsanya masih cukup lama, sehingga aman dikonsumsi konsumen.
Kendati tidak menemukan barang yang tidak layak konsumsi, tetapi Janny meminta masyarakat untuk turut mengawasi peredaran barang di pasaran.
“Bila menemukan ada yang sudah lewat tanggal kadaluwarsa agar melaporkan ke Perlindungan Konsumen di kantor Disperindag Sulut, hal ini penting karena bisa saja ada pelaku usaha nakal yang memanfaatkan keadaan terutama saat ramai pembeli,”katanya.
Laporan yang diterima akan langsung ditindaklanjuti tim perlindungan konsumen, bila tindakan itu ada indikasi kesengajaan, maka pelaku usaha dapat dikenakan sanksi sebagaimana hukum yang berlaku.
“Produk pangan menjadi sasaran pemantauan tim Disperindag, guna menjamin kebutuhan pokok masyarakat yang tersedia di pasaran dalam kondisi layak untuk konsumsi,” kata Janny.
Pemerintah harus memberi perlindungan kepada masyarakat terhadap produk yang membahayakan kesehatan sebagaiman Undang Undang Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999.
Selain kualitas bahan pokok cukup aman, kata Janny, pihaknya juga sekaligus mengecek ketersediaan pasokan di pasaran.
“Stok bahan pangan baik di pasaran swalayan maupun pasar tradisional tersedia secara cukup, jadi masyarakat Manado dan sekitarnya tak perlu khawatir jelang Paskah sebab persediaan pangan Sulut terjaga,” kata Janny. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading