Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Pangemanan : Soal Pengentasan Kemiskinanan, Harus Ada Niat Dari Masyarakat

Aldy Monareh   |   28 Juni 2012 – 10:56 WITA

BITUNG, (manadotoday.com) – Program pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat, baik berupa bantuan lunak, langsung dan bergulir oleh pemerintah pusat dan daerah diharapkan dapat mengentaskan kemiskinan.

”Namun program ini akan mubazir jika masyarakat tidak berupaya meningkatkan taraf hidupnya sendiri,” tandas Kepala Dinas Sosial Kota Bitung Drs Audy Pangemanan, MSi.

Ia mencontohkan kasus program  Bantuan Langsung Tunai (BLT) pemerintah beberapa waktu lalu yang terkesan gagal, karena pemberian BLT justru hanya menimbulkan budaya malas masyarakat dan ketergantungan pada bantuan tersebut. Sehingga tidak ada upaya untuk meningkatkan taraf hidupnya.

”Nah berbagai program bantuan kepada masyarakat miskin ini harus disosialisaikan secara kontinyu, agar tidak mubazir,” terangnya.

Seperti halnya kata Pangemanan, bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dimana pihaknya selalu melakukan pendekatan dan berdialog dengan Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) penerima program.

”Ini rutin dilangsungkan oleh pendamping dan Dinas Sosial, agar program ini bermanfaat danm bisa meningkatkan taraf hidup warga penerima bantuan,” imbuhnya.

Karena katanya dengan dialog dan pendekatan akan menimbulkan hubungan emosional yang erat dengan masyarakat.

”Dari dialog inilah kita akan memberi solusi bagaimana upaya mengentaskan kemiskinan melalui program bantuan sosial yang diberikan pemerintah,” pungkasnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading