Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Pangestu dan Sekretaris Jendral UN-WTO Bahas Pembangunan Kepariwisataan

Tonny Sumakul   |   12 Januari 2012 – 22:52 WITA

Mari Elka Pangestu (foto.tonny.manadotoday)

Manado, MTC – Dalam ragkaian pelaksanaan ASEAN Tourism Forum (ATF) di Manado, Sulawesi Utara, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Mari Elka Pangestu, melangsungkan pertemuan bilateral dengan Sekretaris Jendral UN-WTO, Thalib Rifai, dalam rangka membahas pembangunan kepariwisataan.
Pertemuan yang berlangsung di Novotel Manado, Kamis (12/1/2012), agenda penting yang dibahas diantaranya sustainability dan community based tourism, serta penyempurnaan data dan informasi kepariwisataan.
“Pembangunan kepariwisataan harus dilakukan secara berkesinambungan. Pemerintah Indonesia sendiri, menyampaikan penghargaan atas dukungan UN-WTO, dalam rehabilitasi penataan pembangunan di Pangandaran pasca terjadinya tsunami tahun 2006 lalu,” kata Pangestu.
Selain itu, Pangestu juga menyampaikan rencana pengembangan kepariwisataan di Indonesia, yang lebih terpadu dan menyeluruh, melalui pendekatan Destination Management Organization (DMO).
“Pemerintah Indonesia juga, mengharapkan dukungan UN-WTO melakukan updating data dan informasi kepariwisataan Indonesia, termasuk penyempurnaan metodologi, terutama untuk menghitung wisnus, seperti dalam bentuk Neraca Satelit Pariwisata Nasional (National Tourism Sattelite Account),” ujar Pangestu lagi.
Selain itu, dalam pertemuan itu membahas juga rencana pembangunan mega resort Mandalika di Lombok Tengah. Pemerintah Indonesia sendiri, mengharapkan dukungan UN-WTO untuk pembangunan tersebut, seperti halnya dukungan yang telah diberikan sebelumnya dalam pembangunan resort di kawasan Nusa Dua di Bali.
“Yang terpenting saat ini, yakni keseriusan Pemerintah Indonesia dalam membangun dan mengembangkan potensi kepariwisataan Indonesia cukup tinggi,” tukasnya.
Sementara Thalib Rifai, menekankan pentingnya pengembangan pariwisata, harus memperhatikan aspek lingkungan, kebudayaan, dan keunikan masing-masing Negara.
Pertemuan bilateral itu, dihadiri pula oleh Mr. Xu Jing, Director for Regional Program for Asia Pacific UN-WTO, dan pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal Wardiyatmo, Inspektur Jendral I Gusti Putu Laksaguna, dan Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Firmansyah Rahim. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading