Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Pangkerego: IPAL Telah Melalui Tahapan Sosialisasi

Manado Today   |   11 November 2010 – 23:01 WITA

Manado Today – Pembangunan Intalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) yang mengunakan anggaran miliaran rupiah dari pemerintah pusat, dibantah pihak Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Manado, kalau selama ini tidak dilakukan sosialisasi. Pasalnya, proyek yang ditangani Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Sulut ini, untuk satu titik berkisar 25 Miliar, dan sedangkan untuk kota manado sendiri bakal dibangun 12 titik.“Pemerintah telah melakukan sosialisasi jauh hari. Manado bukan merupakan kelinci percobaan, namun sudah ada daerah terlebih dahulu dibangun yakni Samarinda,“ ujar Kepala BLH Manado Ir Jhosua Pankerego.

Lanjutnya lagi, kajian terhadap dampak lingkungan telah dilakukan sebelum ditetapkan tempat dan lahan yang kini dipersoalkan.

“Teknis terhadap pengelolaan air limbah di Kota Manado telah menjadi program hingga 2015, terlebih kota berkembang harus mengantisipasi dampak pencemaran lingkungan. Ekoli terhadap air yang akan digunakan sebagai sumber hidup menjadi tugas pemerintah,“ jelas Pengkerego.

Lebih jauh Pangkerego menambahkan, pengelolaan air limbah ini akan mengamankan instalasi yang berada di kawasan tersebut agar tidak mencemari teluk Manado.

“IPAL ini akan mengatasi dampak air limbah terhadap air tanah di Kota Manado. Sedangkan peralatan yang nantinya digunakan telah melalui kajian berdasarkan teknoligi,“ tuturnya sembari mengatakan selain peralatan ini berada dalam tanah, diatasnya akan menjadi taman Kota. (aldi)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading