Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » DPRD Sulut

Pansus Kode Etik DPRD Belum Optimal

Staff Manado Today   |   18 Juni 2011 – 22:46 WITA

Manado Today – Panitia Khusus (Pansus) Kode Etik DPRD Sulut hingga saat ini belum optimal menjalankan tugas padahal telah dibentuk cukup lama.

“Dibandingkan dengan Pansus lainnya, Pansus Kode Etik belum optimal berfungsi. Padahal anggota DPRD setempat sudah memasuki tahun kedua yang membutuhkan aturan seperti kode etik,” kata salah satu anggota Badan Kehormatan (BK) DPRD Sulut Razky Mokodompit, di Manado, Sabtu.

Pansus lainnya yang sudah dibentuk dan berjalan baik , yakni Pansus Pembangunan Gedung DPRD dan Trade Center, serta Pansus Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Kendala utama Pansus belum berjalan optimal, karena masih ada beberapa fraksi yang belum mengajukan nama-nama untuk Pansus itu guna melaksanakan tugasnya.

Keanggotaan Pansus Kode Etik sendiri terdiri atas unsur pimpinan DPRD, lima anggota BK, serta keterwakilan masing-masing satu anggota dari enam fraksi yang ada.

“Kami sebenarnya malu karena kode etik belum ada hingga tahun kedua keanggotaan kami di lembaga DPRD,” ujarnya.

Pengamat politik lulusan UGM Jogyakarta, Taufik Tumbelaka mengatakan, sistem politik di lembaga DPRD Sulut sebenarnya lemah dan amburadul, karena tidak ada aturan yang mengikat pengawasan kinerja mereka.

“Bagaimana mungkin sudah memasuki tahun kedua di lembaga DPRD, Kode Etik sendiri belum ada. Fungsi BK untuk mengawasi kinerja mereka jelas tidak ada,” katanya.

Pantaslah mereka jarang masuk kantor, bahkan kegiatan-kegiatan penting seperti paripurna, dengar pendapat, peninjauan lapangan, jarang dilakukan.

“Pengamatan kami di lembaga DPRD Sulut, yang aktif menjalankan tugas di kantor itu hanya sekitar 40 persen. Sisanya tidak jelas berada dimana tanpa ada jadwal lapangan,” ujar Taufik, yang juga putra mantan Gubernur Sulut kedua FJ Tumbelaka itu. (ann/raf)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading