Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Pansus Minta 50 Pasal Ranperda RTRW Kota Bitung Dirubah

Aldy Monareh   |   8 Februari 2012 – 19:56 WITA

Bitung , (manadotoday.com) – Panitia khusus (pansus) Rancangan peraturan daerah (Ranperda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) DPRD Kota Bitung menyatakan bahwa sebanyak 50 pasal Ranperda RTRW Kota Bitung 2011-2031, harus direvisi atau dirubah. Hal ini terungkap dalam Rapat kerja pansus RTRW DPRD Kota Bitung bersama eksekutif sebagai pihak terkait, Rabu (8/2/2012).
“Sebanyak 50 pasal dari 106 pasal yang ditemukan Pansus dalam Ranperda RTRW harus dirubah isinya karena tidak sesuai dengan fakta lapangan,” tandas Ketua Pansus Victor Tatanude.
Tatanude mencotohkan kawasan pertambangan, luas arealnya perlu dicantumkan secara jelas batas-batasnya. Namun ironissnya Bitung yang memiliki kawasn pertambangan, namun dalam ranperda RTRW tidak terdapat wilayah pertambangan rakyat.
“Hal-hal yang mendasar dalam Ranperda RTRW tidak sesuai local content,” tandas Tatanude.
Semisal kata Tatanude jalan Walanda Maeamis, jalan Wolter Mongisidi panjang dan lebar jalan tersebut tidak termasuk dalam Ranperda RTRW. Tatanude juga menyatakan bahwa persetujuan substansi yang ditandatangani Dirjen Kementerian PU premature.
“Ranperda RTRW mesti dibahas lebih dalam lagi dan harus melibatkan masyarakat termasuk para camat, lurah bahkan para kepala lingkungan dan RT,” pungkasnya.
Sementara itu Wakil Ketua Pansus, Drs Harto Kahiking menegaskan agar Ranperda RTRW ini benar-banr memberi bobot, dimana hal-hal yangperlu dikoreksi dalam pembahasan harus diperbaiki.
“Ranperda RTRW ini juga perlu menitikbertakan pada kewenangan daerah tanpa mengabaikan kewenangan nasional,” ujar Kahiking diaminkan anggota pansus lainnya Arifin Dunggio. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading