Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Pansus RPJPD-RPJMD DPRD Tomohon Rekomendasi 10 Poin

Ardi Kalumata   |   19 November 2011 – 20:50 WITA
Paulus Sembel

Drs Paulus Sembel

Tomohon, MTC – Setelah melewati enam kali pembahasan dan terakhir finalisasi pada 14 November 2011, akhirnya Panitia Khusus (Pansus) Rencana Pembangunan Jangka Panjang daerah (RPJPD) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DPRD Tomohon memberikan catatan dan rekomendasi 10 poin penting.
Menurut Sekretaris Pansus RPJPD-RPJMD Kota Tomohon Drs Paulus Sembel, catatan dan rekomendasi yang dikeluarkan sangat penting dalam penyusunan RPJPD-RPJMD Kota Tomohon tersebut.
Kesepuluh catatan dan rekomendasi tersebut adalah, pertama, rancangan akhir RPJPD 2010-2015 Kota Tomohon secara substantif telah mengacu pada ketentuan UU Nomor 25 tahun 2006 tentang System Perencanaan Pembangunan Nasional, PP Nomor 8 yahun 2008 serta Peraturan Mendagri Nomor 54 tahun 2010 tentang pelaksanaan PP Nomor 8 tahun 2008 tentang Tahapan, tata cara penyusunan, pengendaian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah.
Kedua, isi materi RPJPD dan RPJMD ini telah mengakomodasi hasil Musrembang, konsultasi publik, evaluasi pemerintah provinsi serta beberapa catatan kritis yang dikemukakan lewat pemandangan umum fraksi yang lalu.
Ketiga, Pansus merekomendasikan kepada Bappeda untuk memperhatikan UU Nomor 10/2004 yang sudah dirubah ke UU Nomor 12/2011 tentang Pembentukan Peraturan perundang-undangan berlaku. ‘’Ini perlu dilakukan kareba RPJPD dan RPJMD merupakan sebuah produk Perda,’’ kata Sembel, yang juga mantan penyusun RPJMD Sulut 2005-2010.
Keempat, visi misi dan arah kebijakan pembangunan jangka panjang Kota Tomohon setidaknya dapat diselaraskan dengan visi misi dan prioritas pembangunan jangka panjang Provinsi Sulut, sekaligus dapat mereviuw relevansi dengan kebijakan nasional berkaitan dengan pencapaian MDGs dan ketahanan pangan.
Kelima, arah dan kebijakan pembangunan jangka panjang nantinya juga selaras dengan arah dan kebijakan RTRW Kota Tomohon dan RTRW Provinsi Sulut, termasuk memperhatikan aspek lingkungan hidup yang diatur sesuai Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS).
Keenam, visi misi Tomohon menuju Kota Wisata Dunia yang tertuang dalam RPJPD disetujui Pansus dengan memperhatikan pengembangan destinasi dan unsur-unsur pendukung seperti hiburan kota, pergelaran seni budaya dan lainnya yang harus diberi keleluasaan kebijakan.
‘’Jadi, sektor pariwisata harus ditopang dengan pendanaan yang memadai dengan memperhatikan keseimbangan pendanaan antara promosi pariwisata dengan peningkatan destinasi,’’ kata mantan peneliti LIPI Bidang Politik dan Kewilayahan di Badan Litbang Kominfo RI ini.
Ketujuh, isu strategis yang harus direncanakan dalam RPJMD adalah masalah tantangan Narkoba dan AIDS. Masalah lahan parkir ke depan dan masalah Tempat Pemakaman Umum (TPU).
Kemudian, Pansus merekomendasi tentang sumber-sumber PAD yang belum bisa digarap karena belum ada regulasi seperti rumah kost, pemanfaatan TV kabel, pemanfaatan internet dan lain-lain.
Kesembilan, pengawasan terhadap penagihan retribusi juga harus ada pengawasan yang ketat agar tidak terjadi kebocoran di sana-sini.
Rekomendasi terakhir tentang bencana alam. Pansus merekomendasi ditetapkannya Kota Tomohon sebagai tipikal daerah rawan bencana, sehingga Kota Tomohon harus membuat perencanaan berdasarkan konsep Pengurangan Risiko Bencana (PRB) termasuk menjalankan secara konsisten dan konsekuen UU Nomor 24/2007 tentang Penanggulangan Bencana. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading