Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Dari Redaksi

Paruntu Cetak Hattrick!

Redaksi Manado Today   |   18 Oktober 2010 – 16:08 WITA

Adri Mamangkey

Oleh: Adri Mamangkey

Sisi Lain Pilkada Minsel

WALAUPUN masih menunggu hasil pleno KPUD Minsel, Selasa (19/10) besok, perolehan suara Christiany Eugenia Paruntu – Sonny Tandaju (Pantas) bakal tak terkejar lagi oleh pesaingnya, Asiano Gemmy Kawatu – Felly Runtuwene (AGK-Fer), dalam Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Minsel putaran kedua. Pantas memproleh 67.450 suara, sedangkan AGK-Fer hanya meraup 52.033 suara. Pantas unggul di 16 kecamatan dari 17 kecamatan yang ada di Minsel.
Kemenangan Pantas memang mengejutkan banyak kalangan. Sebab, pada putaran pertama, wanita cantik penuh pesona ini, hanya menempati posisi kedua dalam perolehan suara. Kalah dibanding Kawatu yang dikenal birokrat sukses dan bersih. Berbagai isu negatif yang sempat beredar menjelang hari H pemungutan suara tak mampu membendung popularitas Tetty –sapaan akrabnya- yang mendapat dukungan penuh Pantai Golkar dan Partai Demokrat.
Kemenangan Tetty yang dikenal pengusaha sukses ini, tentu saja tak hanya dirasakan rakyat Minsel yang membutuhkan sentuhan dan perhaiannya untuk memacu dan menggerakkan pembangunan di kabupaten yang memiliki kekayaan alam yang nyaris sempurna.

Tapi, kemenangan figur yang aktif dalam pelayanan kerohanian ini juga, sangat istimewa bagi keluarga Paruntu-Tumbuan di panggung politik. Tetty melengkapi keberhasilan ayahnya Prof Joppy Paruntu yang sukses duduk sebagai anggota DPRD Sulut dari daerah pemilihan Minsel dan ibunya Nini Paruntu Tumbuan yang kini menjabat wakil ketua DPRD Minsel.

‘’Keberhasilan Pantas ini membuat keluarga Paruntu mencetak hattrick di panggung politik Minsel,’’ ujar sejumlah pengamat.
Pesta demokrasi di Minsel sudah memasuki tahap-tahap akhir. Tak bisa dipungkiri, masih tersisa riak-riak kecil dan ketidakpuasan. Tapi itu masih dalam tahap yang wajar. Yang pasti suksesnya Pilkada ini merupakan kemenangan bagi rakyat Minsel, Tentu juga figure sekaliber AGK dan Tetty, tidak akan pernah merasa bahwa pertarungan di Pilkada ini, merupakan pertarungan yang abadi. Sebab, keduanya mempunyai motivasi dan komitmen yang sama, yakni membangun Minsel dan mensejahterakan rakyat. Karena itu, keduanya tidak ada yang merasa kalah atau menang karena Pilkada sudah berlangsung aman tertib dan damai.

Soal riak-riak kecil, itu merupakan hal yang biasa. Keduanya jutru merasa kalah, kalau Pilkada berlangsung ricuh dan anarkis.
Apa pun hasilnya, Pantas dan AGK-Fer yang berhasil masuk pada babak grand final merupakan putra-putri terbaik Minsel.

Sebagai figure yang sudah melalangbuana di tingkat nasional, Tetty pasti akan merangkul semua potensi dan kekuatan yang ada di Minsel untuk kemajuan daerah ini, termasuk kandidat bupati dan wakil bupati yang tersisih dalam Pilkada ini. Saya juga percaya AGK sebagai birokrat intelektual tetap menyumbangkan pemikirannya untuk kemajuan Minsel ke depan walaupun berkarir di provinsi.

Kini pemerintahan di Minsel bakal masuk babak baru dan lembaran baru. Sebagai bupati dan wakil bupati terpilih, Christiany Eugenia Paruntu dan Sonny Tandaju harus mampu membuktikan kepada rakyat bahwa Pantas betul-betul pantas menjadi pemimpin dan panutan rakyat Minsel. Pantas emang pilihan yang tepat. Buktikan bahwa Pantas bukan hanya sekadar Slogan. Selamat berjuang!

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading