Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Gorontalo

Pasar Ayam di Gorontalo Membaik

Redaksi Manado Today   |   23 April 2011 – 21:05 WITA

Gorontalo Tofay – Tingkat permintaan daging ayam di Gorontalo, berangsur membaik di tengah masih merebaknya virus H5N1 atau flu burung yang ikut mengguncang pasaran unggas di wilayah itu. Sejumlah pedagang daging ayam di pasar Sentral Kota Gorontalo, Sabtu, mengaku meski belum pulih benar, namun tingkat permintaan masyarakat mulai membaik.
Tingkat peningkatan permintaan itu, mencapai di atas 50 persen, ini dinilai lebih baik dibanding keadaan akhir maret hingga pertengahan april 2011, dimana tingkat penjualan anjlok hingga nyaris 100 persen karena merebaknya flu burung.
“Ayam potong mulai dilirik masyarakat, meski harganya lebih murah dari biasanya, yakni Rp30 ribu per ekor, itu masih mendingan, saat merebaknya flu burung bahkan ada yang menjual Rp50 ribu untuk tiga ekor,” kata Albert, salah seorang pedagang.
Hal serupa diungkapkan Halimah, pedagang ayam kampung ini mengaku masih bisa menjual 200 ekor ayam per hari.
“Tingkat penjualan ayam, normalnya bisa dua kali lipat dari itu, namun menunjukkan, bahwa masyarakat Gorontalo tidak terlalu pengaruh dengan merebaknya flu burung,” kata dia.
Di tempat terpisah, Petugas kesehatan ternak pada Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Provinsi Gorontalo, Drh. Fenny Rumporok mengatakan, hingga kini Gorontalo masih ditetapkan berstatus endemis flu burung.
“Bahkan flu burung merebak hingga ke kabupaten terujung di Gorontalo, yakni Pohuwato,” kata dia.
Dia mengatakan, kasus flu burung di wilayah itu, terjadi untuk pertama kalinya pada akhir Maret 2011, di Kabupaten Gorontalo, ketika hampir 2000 ekor unggas terpaksa dimusnahkan setelah mati mendadak.
Pihaknya masih berupaya menagggulangi wabah virus ini, dengan menggelar koordinasi intensif lintas kabupaten dan kota, serta meminta warga segera melapor bila menemukan kasus ternak unggas yang mati mendadak. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading