Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Pasca Banjir, Aktivitas Warga Mulai Normal

Staff Manado Today   |   6 September 2011 – 13:03 WITA
banjir bandang di Posumean

Salah satu bangunan yang roboh akibat banjir bandang

Ratahan Today – Tiga hari Pasca diterjang banjir bandang, aktivitas ratusan warga di empat desa di Kecamatan Pusomaen mulai berangsur-angsur normal. Sebagian besar warga telah menuju rumah masing-masing. Mereka membersihkan sisa-sisa material lumpur yang masih berada di dalam rumah.

Di Tatengesan, rumah-rumah warga yang tergenang juga telah dikuras menggunakan pompa penghisap bantuan Pemkab Mitra. Sedangkan di Makalu, warga terpantau sedang membersihkan puing-puing rumah yang hanyut disapu banjir bandang.

Sementara itu, berdasarkan data terbaru Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mitra, jumlah jumlah rumah rusak akibat terjangan banjir bandang semakin bertambah. Hal ini belum termasuk kerugian lainnya seperti kerusakan lahan pertanian serta hanyutnya sejumlah hewan ternak milik warga.

banjir bandang di posumean

Lokasi Banjir bandang yang terjadi di Desa Tatengesan Kecamatan Pusomaen

BPBD sendiri belum bisa memperkirakan total kerugian karena sedang berkoordinasi dengan instansi terkait tentang kerusakan lahan pertanian dan jumlah hewan ternak yang hanyut. Tetapi, BPBD telah mengirimkan data kerusakan rumah serta permohonan bantuan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia.

”Saya telah mengirimkan faks total kerusakan rumah dan jumlah bantuan yang diperlukan. Sementara ini, Pemkab Mitra telah menyalurkan bantuan berupa beras, mi instan dan air mineral,” jelas Kepala BPBD Mitra Welly Munaiseche. (vel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading