Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Pasca Letusan Gunung Soputan, ISPA Ancam Warga Mitra

David Masengi   |   19 September 2012 – 11:15 WITA

RATAHAN (manadotoday.com) – Pasca letusan Gunung Soputan, penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) kini mengancam sebagian warga Mitra yang dekat dengan lokasi Gunung Soputan, yakni Toluaan Raya, Silian dan Ratahan.

Hal ini dikarenakan ketika meletus, Selasa (18/9) kemarin Gunung Soputan mengeluarkan abu vulkanik di sejumlah wilayah tersebut.

Bahkan pasca letusan Gunung Soputan yang merupakan salah satu gunung berapi aktif di Sulut ini, sejumlah warga mengaku masih was-was akan terjadi letusan susulan.

“Letusan Gunung Soputan kemarin, jelas sangat mengagetkan dan mengancam terjadinya penyakit ISPA akibat debu vulkanik yang dikeluarkan,” ujar Rulan Sandag warga Ratahan.

Karena itu Ia meminta agar pemerintah kabupaten Mitra segera turun ke lokasi warga yang terkena debu guna meminimalisir penyakit ISPA, dengan memberikan masker sebagai langkah antisipasi.

”Pemerintah harus segera melakukan langkah antisipasi menangggulangi bencana pasca letusan,” tandasnya.

Sementara itu kepala Badan Penanggulangan Bencana Alam Daerah Mitra melalui Kabid Penanggulangan Bencana Erick Manaroinsong mengatakan, sampai saat ini pihaknya terus melakukan pentauan di sejumlah wilayah.

”Saat ini kami juga akan berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti Dinkes dan Dinas pertanian, dinas Kehutanan dan perkebunan untuk melakukan penanggulangan bencana,” ujarnya.

Sampai berita ini diturunkan belum ada informasi resmi jumlah kerugian yang ditimbulkan akibat letusan Gunung Soputan.(dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading