Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Pasca Letusan Gunung Soputan, ISPA Serang Warga Minahasa Tenggara

David Masengi   |   26 September 2012 – 08:40 WITA

TOULUAAN, (manadotoday.com) – Pasca letusan gunung Soputan, masyarakat di Kecamatan Silian Raya, Toluaan dan Ratahan kini diserang Infesi Saluran Perafasan Akut (ISPA). Gangguan pernapasan tersebut kebanyakan menyerang anak – anak.

“Gangguan pernafasan kebanyakan dialami oleh anak-anak,” ujar Ruland Sandag tokoh masyarakat Touluaan.Tak ayal, Sandag meminta agar Pemkab dalam hal ini Dinas Kesehatan segera melakukan pengobatan gratis. Menurutnya, penyakit ini memang tidak berbahaya, namun kalau dibiarkan dan tidak ada penanganan akan berdampak buruk bagi masyarakat.

Sebelumnya Balai Tehnik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP), melakukan Pemantauan Kwalitas Udara (PKU) dampak letusan Gunung Soputan.

PKU dilakukan pekan lalu di sejumlah wilayah, dan ada beberapa titik, ditemukan ukuran melebihi Standar Baku Mutu (SBM) yaitu Total Suspended Partikulad (TSP) atau total debu di udara. adanya ancaman ini Dinkes Mitra segera turun tangan.(dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading