Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

PBB Kota Tomohon Tahun 2012 Baru 44,52 Persen

Ardi Kalumata   |   30 Agustus 2012 – 19:50 WITA

TOMOHON, (manadotoday.com)—Kendati jatuh tempo tinggal satu bulan, yakni pada 30 September, namun hingga kini capaian Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Kota Tomohon tahun 2012 baru sekitar 44,52 persen atau belum setengah dari penetapan sebesar Rp 2.510.606.698.

Hal ini terungkap pada Rapat Evaluasi PBB yang dilaksanakan di lantai III Kantor Walikota Tomohon Kamis (30/8).

Sesuai laporan Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Tomohon Ir Harold V Lolowang MSc, dari 44 kelurahan, baru dua kelurahan yang melunasi PBB seratus persen. Kedua kelurahan tersebut adalah Walian II Kecamatan Tomohon Selatan dan Kamasi I Kecamatan Tomohon Tengah.

Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak dalam sambutannya yang dibacakan Sekretaris Kota (Sekkot) Tomohon Dr Drs Arnold Poli SH MAP mengatakan menurut kalender kerja, saat ini sudah berada di triwulan tiga

‘’Tentunya sebagai aparatur negara, kita mempunyai tanggung jawab untuk melaksanakan dan menyelesaikan tugas yang telah dibebankan dan diamanatkan kepada kita. Keberhasilan dari suatu program dapat diukur dengan berbagai cara antara lain mengevaluasi realisasi penerimaan PBB sebagai tolak ukur capaian kinerja para Camat dan Lurah,’’ kata Sekkot membacakan sambutan walikota.

Bulan September lanjutnya, pelunasan PBB akan jatuh tempo. Sebagai aparatur harus menjadi panutan dalam melaksanakan kewajiban untuk membayar pajak karena pajak digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.

Dalam upaya pelaksanaan tugas di bidang PBB, camat sebagai kolektor dan lurah sebagai pembantu kolektor harus mampu memotivasi masyarakat sebagai wajib pajak bumi dan bangunan untuk segera melunasi pajaknya sebelum tanggal 30 september 2012.

‘’Apabila tidak melunasi sampai batas jatuh tempo, Kota Tomohon kemungkinan besar tidak akan menerima dana insentif dari pemerintah pusat. Oleh karena itu mengantisipasi hal tersebut bagi para camat dan lurah agar segera melakukan langkah-langkah kongkrit untuk peningkatan penerimaan pajak bumi dan bangunan,’’ tukasnya

Hadir dalam rapat evaluasi PBB tersebut, Kepala KPP Pratama Cabang Manado Drs Joni Mantong SH MSi, Assisten Administrasi Umum Ir Ervinz DH Liuw MSi, Kepala Dinas Pendapatan Pengelolan Keuangan dan Aset Daerah Ir Harold V Lolowang MSc, para camat dan lurah se-Kota Tomohon.

Penetapan PBB di Kota Tomohon tahun 2012 sesuai laporan Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) Ir Harold V Lolowang MSc berjumlah Rp 2.510.606.698.

Untuk Kecamatan Tomohon Utara berjumlah Rp 741.389.204, Kecamatan Tomohon Tengah Rp 725.184.080, Kecamatan Tomohon Selatan Rp 585.136.869. Kecamatan Tomohon Timur Rp 213.934.948 serta Kecamatan Tomohon Barat Rp 244.961.597. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

One Response »

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading