Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

PBB Pedesaan dan Perkotaan Disosialisasikan Dispenda Kota Manado

Aldi Mawitjere   |   1 Oktober 2013 – 00:10 WITA
PBB Pedesaan dan Perkotaan Disosialisasikan Dispenda Kota Manado

Mangindaan ketika membuka sosialisasi PBB Perdesaan dan Perkotaan Pemkot Manado

MANADO, (manadotoday.com) – Dinas Pendapatan Daerah Kota Manado, Senin (30/9) melakukan sosialisasi Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan yang bertempat di Hotel Sintesa Peninsula.

Kegiatan yang dibuka Wakil Walikota Dr (c) Harley AB Mangindaan, SE MSM, dengan menhadirkan narasumber Kanwil Pajak adn KPP Pratama Manado.

Dimana terhitung 1 Januari 2014, PBB-P2 akan dialihkan dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah. Artinya bahwa PBB-P2 akan menjadi pajak daerah. Pengalihan ini merupakan suatu bentuk tindak lanjut kebijakan otonomi daerah dan desentralisasi fiskal seperti yang tertuang di dalam undah -undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah, Perda Kota Manado No 7/2012 serta Perwal tentang SOP yang sedang diproses.

“Dengan demikian maka PBB -P2 menjadi salah satu pungutan daerah yang merupakan sumber pendapatan penting guna membiayai pelaksanaan penyelenggaraan pemerintah daerah dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat serta untuk mewujudkan kemandirian daerah.” terang Wawali.

Wawali menjelaskan PBB-P2 sedang dalam proses pengalihan dengan batas waktu persiapan pengalihan paling lambat tanggal 31 desember 2013.

“Pemkot Manado bertanggung jawab untuk menyiapkan sarana dan prasarana , struktur oraganisasi dan tata kerja, sumber daya manusia, peraturan daerah, peraturan kepala daerah dan SOP, membuka rekening penerima PBB-P2 di bank yang sehat, dan yang paling penting menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait seperti kantor pelayanan pajak , perbankan , kantor pertahanan, serta notaris,”terangnya.

Mangindaan pun berharap pengalihan PBB-P2 menjadi pajak daerah harus diinformasikan secara luas dan komprehensif kepada seluruh elemen masyarakat.

“PBB-P2 akan menjadi sumber pendapatan daerah. Sehubungan dengan kegiatan sosialisasi ini diharapkan akan bisa memberikan informasi lengkap tentang hal-hal yang terkait dengan pengalihan PBB-P2 bagi para ketua LSM Se-Kota Manado , terlebih khusus bagi para camat dan lurah yang selama ini merupakan ujung tombak dalam pemungutan pajak bumi dan bangunan ” tambah Wawali.

Kegiatan ini juga diikuti oleh narasumber dari KPP Pratama Kota Manado bapak Simon Petrus Siwi, Asisten Administrasi Umum, Dra. Henny Giroth dan Kadis Pendapatan Kota Manado, Bismark Lumentut,SE,Para Camat dan Pimpinan SKPD lainnya.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading