Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

PBL Mapaluse Diduga Dibisniskan

Aldi Mawitjere   |   24 Mei 2012 – 07:49 WITA

Buat Proposal Dihargai Ratusan Ribu

BPMK Manado

Kepala BPMK Manado Helmy Bachdar

MANADO, (manadotoday.com) — Program Pembangunan Berbasis Lingkungan (PBL) yang menjadi program unggulan Pemkot Manado diduga mulai disalahgunakan oleh oknum tertentu. Informasi yang dihimpun menyebutkan bahwa dalam program PBL ini diduga dibisniskan oleh oknum tertentu dengan meminta uang pembuatan proposal sebesar ratusan ribu. Bahkan dugaan penyimpangan ini melibatkan oknum kepala lingkungan (pala), pihak kelurahan dan kecamatan.Sumber resmi menyebutkan bahwa untuk mencairkan dana dari program ini harus memasukkan proposal. Dan pada umumnya para pala belum mengetahui tentang pembuatan proposal  sehingga mereka menggunakan pihak ketiga namun harus mengeluarkan kocek ratusan ribu.Dugaan bisnis PBL dilakukan hampir di seluruh lingkungan yang ada di Kota Manado.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota (BPMK) Helmy Bachdar yang dikonfirmasi menjelaskan bahwa pembuatan proposal yang sudah mencapai nilai ratusan ribu rupiah itu merupakan penyimpangan, namun jika hanya puluhan ribu maka itu hanyalah imbalan karena sudah membantu untuk membuat proposal.

Tapi ditegaskan Bachdar, hal ini jangan dilakukan karena seharusnya yang membuat proposal adalah Kelompok Masyarakat Mandiri (KMM) yang sudah dibentuk, sehingga pihak kelurahan diharapkan jangan menggunakan pihak ketigasuntuk membuat proposal.

“Jangan menggunakan pihak ketiga, apalagi sudah mengeluarkan biaya ratusan ribu, itu adalah penyimpangan,” tandas Bachdar.

Sekedar diketahui program PBL yang dicanangkan di Pemkot Manado, dimana setiap lingkungan mendapatkan dana PBL sebesar Rp75 Juta rupiah per lingkungan. (ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading