Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Pedagang di Pelelangan Ikan Perikani Bitung Akui Untung Besar

Staff Manado Today   |   8 September 2011 – 11:39 WITA
Pelelangan Ikan Perikani Bitung

Suasana di Pelelangan Ikan Perikani Bitung

Bitung Today – Sejumlah pedagang Ikan di Pelelangan Perikani Aertembaga Bitung, mengakui mendapatkan keuntungan yang cukup memuaskan dalam menjual hasil tangkapan mereka usai melaut.

Iwan salah satu pengumpul ikan asal Tinombala, yang memulai aktifitasnya sejak pukul 03.30 hingga pukul 10.00 wita, mengakui bahwa dalam sehari dirinya bisa mereguk keuntungan hingga Rp 300 Ribu.

”Ikan yang di jual, dibeli dari para Nelayan yang ada di Kota Bitung, dan kebanyakan pembeli berasal dari Tondano, Manado, Airmadidi hingga Belang. Jadi istilahnya saya adalah tangan pertama,” ujar Iwan yang mengakui sudah 28 tahun menjalani profesinya sebagai penjual ikan di Perikani Bitung.

Lain halnya dengan Mike (40-an) warga Bitung Timur, salah satu pedagang Ikan di tempat pelelangan Perikani Bitung. Dirinya mengakui kendati hanya pedagang tangan kedua (membeli dari pengumpul) namun Ia bisa mendapatkan hasil yang cukup memuaskan.

”Kalu lagi mujur, kita boleh dapa 150 ribu (Kalau lagi mujur saya bisa mendapatkan keuntungan hingga Rp 150 ribu) dan kebanyakan langganan saya adalah pedagang ikan di sejumlah pasar dan para pelaku usaha rumah makan,” ujarnya.

Meski begitu katanya hasil ini bisa berpengaruh dari hasil tangkapan Nelayan.

”Jika tangkapan Nelayan banyak tentunya penghasilan juga lumayan,” ujarnya.

Dari pantauan manadotoday Kamis (080/9/2011) sekitar pukul 07.00 Wita, aktifitas di Pelabuhan Perikani Bitung tempat pelelangan Ikan, sangat ramai dikunjungi para pembeli ikan yang berasal dari Kota Bitung maupun mereka yang berasal dari luar Kota Bitung, aktifitas ini kemudian berangsur-angsur sepi memasuki pukul 08.00 Wita. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading