Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa

Peduli Hutan, Kapalang Gelar Clean Mount 2011 Soputan

Staff Manado Today   |   20 November 2011 – 18:14 WITA

Langowan, MTC – Sadar akan dampak buruk yang terjadi di lereng Gunung Soputan beberapa bulan lalu, wadah Kelompok Pecinta Alam Langowan (Kapalang) mengadakan kegiatan “Kapalang Clean Mount 2011″ dengan mengambil tema ‘’Hutan-ku Dambaan-ku, Warisan Untuk Anak Cucu-ku’’ yang dimulai sejak jumat 18 November yang berakhir Minggu 20 November hari ini yang bertempat di basecamp gunung soputan.
Bentuk kegiatan yang dilakukan berupa Rehabilitasi Hutan Kritis, Penghijauan Bibit Pohon di Lokasi Lahan Yang terkena Dampak, juga bersih-bersih diareal gunung yang melibatkan organisasi Siswa Pecinta Alam (Sispala/PMR), Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala/MPA), Kelompok Pecinta Alam (KPA/KPAB/KMPA) bersama organisasi kepemudaan masyarakat sekitar.
Ketua Panitia Pelaksana Mario Saerang kepada manadotoday mengatakan, kegiatan ini kami lakukan samata-mata untuk memberikan satu pencerahan kepada masyarakat akan pentingnya kelestarian hutan di tengah-tengah kehidupan kita, karena hutan merupakan sumber kehidupan untuk menghasilkan air, karena sumber penghidupan bagi isi bumi ini adalah air, untuk itu kelestarian hutan merupakan prioritas bagi kegiatan ini, mengingat beberapa bulan yang lalu tempat ini dan sebagian hutan di tanah Minahasa rusak akibat semburan debu vulkanik dari gunung soputan.
“Selain itu juga perlu disadari areal Gunung Soputan ini merupakan salah satu dari sekian banyak Daerah Aliran Sungai (DAS) yang menyuplai air di Danau Tondano. Jadi kegiatan ini juga merupakan bentuk kepedulian bagi warga Minahasa dan sekitarnya, karena diketahui bersama air dari danau tondano merupakan satu-satunya pendokrak pasokan listrik di Sulawesi Utara (Sulut), untuk itu kami merasa terpangil dan tertantang untuk menggagas kegiatan ini, “tukasnya.
Menurut Sekretaris Panitia Jeybi Marentek, kegiatan ini juga sebagai bentuk menghindari bencana alam yang datang menimpa, seperti bencana banjir, tanah longsor dan lain-lain. “Ketika hutan mulai gundul dan tak ada penyelamatan, dengan sangat pasti, bencana akan datang menimpa,”ungkap Marentek.
Sementara itu Generasi Muda Langowan Raya sekaligus juga Ketua Partai Golkar Langowan Barat (Labar) Imelda Nofita Rewah (INR) memberikan apresiasi yang besar bagi Kelompok Pecinta Alam Langowan (Kapalang) untuk terobosan yang real dan kepedulian bagi hutan di tanah Minahasa. “Mudah-mudahan kegiatan ini akan bermanfaat bagi hutan di Minahasa lebih khusus hutan gunung soputan. (vel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading