Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Minahasa Tenggara

Pejabat Mitra Rame-rame Tanam Kobuma

Staff Manado Today   |   14 Mei 2011 – 09:13 WITA
T2, saat menanam Tanaman Holtikultura di lokasi Block B dan C

T2, saat menanam Tanaman Holtikultura di lokasi Block B dan C

Ratahan Today – Hal menarik ditunjukkan Pejabat Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra). Jumat (13/05), Bupati Telly Tjaggulung (T2) bersama pejabat teras daerah hasil pemekaran Kabupaten Minsel ini, ramai-ramai menanam Komoditas Bumbu Masak (Kobuma) seperti cabe, tomat dan terong.T2 dalam sambutannya mengatakan, program Gerakan Sentuh Tanah Komoditas Bumbu Masak (GST-Kobuma), bertujuan untuk membantu masyarakat secara mandiri dalam memenuhi kebutuhan akan komoditi pangan, terutama bumbu dapur.

“Gerakan ini diharapkan menjadi peluang yang dapat dimanfaatkan serta didukung oleh seluruh komponen masyarakat termasuk pegawai negeri, karena memiliki sasaran yang cukup penting untuk kepentingan masyarakat luas, khususnya masyarakat miskin dan rawan pangan,” kata T2 di sela-sela acara pencanangan GST-Kobuma tingkat kabupaten yag dirangkaikan dengan kegiatan awal memperingati HUT Kabupaten Mitra ke-4, di lokasi perkantoran Blok B Pemkab Mitra.

T2 meminta agar setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) memberi contoh dalam menyukseskan program ekonomi kerakyatan ini. “Untuk mempertegas kebijakan ini agar menjadi perhatian serius dari setiap SKPD, maka ada regulasi yang mengaturnya, melalui instruksi Bupati Nomor 1 Tahun 2011 yang mewajibkan setiap SKPD untuk menindaklanjuti program ini dengan baik,” tegas T2.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Mitra, Ir BA Tinungki menambahkan, pihaknya telah menyiapkan lahan seluas lima hektar, yang nantinya masing-masing SKPD mendapat bagian sebesar 40 kali 40 meter, untuk selanjutnya ditanami komoditi bumbu masak. Disamping itu, setiap SKPD yang berhasil memproduksi kobuma dalam jumlah paling banyak, akan diberi penghargaan.(vel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

One Response »

  • Fendy mengatakan:

    Sedikit koreksi boleh? Tanaman cabe, tomat, dan terong adalah tanaman yang termasuk dalam kelompok sayuran, bukan bumbu masak. Tanaman2 jenis itu memang cocok juga dikembangkan di pekarangan rumah untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat (khususnya dalam hal konsumsi sayuran sebagai sumber serat dan vitamin). Sedangkan yang termasuk tanaman bumbu masak di antaranya lada, ketumbar, kunyit, jahe, temulawak. sereh, kemangi, dan masih banyak lagi….

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading