Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Nusa Utara

Pelabuhan Nusantara Tahuna Berhak Dikelola Pemkab Sangihe

Redaksi Manado Today   |   21 Agustus 2012 – 20:17 WITA
Pelabuhan Tahuna

Pelabuhan Nusantara Tahuna ini bisa dikelola pemerintah derah

TAHUNA, (manadotoday.com) – Berdasarkan aturan daerah memiliki kewenangan untuk mengelola pelabuhan di daerahnya masing-masing. Untuk itu, Pemkab Sangihe berpeluang untuk mengelola pelabuhan Nusantara Tahuna.

Demikian dakatakan Bupati Sangihe, Drs HR Makagansa MSi kepada wartawan baru-baru ini.

“Pemerintah Kabupaten Sangihe, memiliki kewengan untuk mengelola pelabuhan Nusantara Tahuna. Intinya, pelabuhan di seluruh daerah yang tidak masuk dalam pengelolaan PT Pelindo, pengelolaannya bisa dilakukan oleh pemerintah daerah,” ujar Mantan Kadis Diknas Sulut itu.

Hanya saja harus dikoordinasi dengan pihak terkait dalam hal ini Kementrian Perhubungan. Dengan pengalihan status pengololaan pelabuhan di daerah dalam rangka otonomisasi daerah itu sendiri.

Sementara itu, Kepala Kantor Penyelenggara Unit II Pelabuhan Nusantara Tahuna, Mocodompis Muhaling SIP, ketika dimintai tanggapannya terkait hal diatas, mengatakan apa yang dikemukakan oleh Bupati Sangihe itu benar adanya.

“Memang, benar apa yang dikemukakan pak Bupati, bahwa pelabuhan di daerah yang tidak dibawa pengelolaan PT Pelindo. Tapi bisa dikelola oleh pemerintah daerahmelalui Perusahaan Umum (Perum) atau Perusahaan Daerah. Memang ada aturan yang mengatur bahwa pelabuhan di daerah bisa dikelola oleh pemerintah daerah. Namun harus ada persetujuan dari Kementrian Perhubungan dalam hal ini Dirjen Hubla, melalui penandatanganan kontrak kerja antara pemerintah daerah dengan Dirjen Hubla,” terang Muhaling. (nal)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading