Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Pelaku Usaha Sulut Harus Manfaatkan Peluang

Staff Manado Today   |   1 Mei 2011 – 20:33 WITA

Manado Today – Pelaku usaha di Sulawesi Utara, diminta memanfaatkan peluang pasar di negara-negara kawasan Asia Pasifik.

“Negara di kawasan Asia Pasifik sangat potensial beberapa jenis komoditas unggulan daerah terutama produk turunan kelapa, karena itu perlu dioptimalkan,” kata Dr Ellen Pakasi yang juga dikenal sebagai tenaga ahli klaster kelapa di Manado, Minggu.

Selain permintaan negara Asia Pasifik yang cukup tinggi, kata Ellen, jarak Sulut dengan negara di kawasan ini cukup dekat, menjadi salah satu keuntungan.

“Jarak yang dekat dengan sendirinya berdampak baik, karena biaya transportasi menjadi lebih murah, ini akan mempertinggi daya saing produk Indonesia khususnya Sulut,” kata Ellen.

Komoditas unggulan Sulut yang sudah berhasil masuk ke kawasan Asia Pasifik, diantaranya tepung kelapa, hanya saja masih perlu dioptimalkan, karena belum merambah semua negara di kawasan ini.

Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri, Disperindag Sulut, Hanny Wajong mengatakan, negara potensial pembeli tepung kelapa Sulut saat ini yakni Selandia Baru.

“Selandia Baru sejak dulu sudah menjadi negara pembeli tepung kelapa, tetapi negara lain seperti Australia masih perlu dipacu ke depan,” kata Hanny.

Produk turunan kelapa menjadi andalan komoditas ekspor Sulut, dengan pangsa pasar terbesar di kawasan Eropa. Minyak kelapa kasar atau crude coconut oil (CCO) terbanyak ke Belanda sedangkan tepung kelapa ke Jerman.

CCO merupakan produk turunan kelapa yang paling banyak mendatang devisa bagi Sulut, sekitar separuh dari perolehan devisa daerah ini, didapatkan dari hasil ekspor CCO ke berbagai negara.

Sementara tepung kelapa, meskipun dari sisi nilai masih jauh lebih kecil ketimbang CCO, tetapi masih unggul dalam ekspansi jumlah negara pembeli.(ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading