Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Nusa Utara

Pelantikan Pejabat Eselon II Tahap Pertama Bermasalah?

Redaksi Manado Today   |   23 Februari 2012 – 19:59 WITA
pelantikan Pejabat Eselon II sangihe

12 Pejabat Eselon II saat dilantik Wakil Bupati 19 Januari 2012 lalu

Tahuna, (manadotoday.com) – Dugaan bahwa pelantikan sejumlah pejabat eselon II tahap pertama dinilai bermasalah mulai terkuak kebenarannya. Ini terkait dengan penempatan beberapa pejabat eselon II sebagai pimpinan SKPD yang tidak sesuai dengan kompetensi dan latar belakang pendidikannya.
Bahkan bocoran yang diperoleh manadotoday menyebutkan, ada beberapa pejabat eselon dua yang dilantik oleh Wakil Bupati saat itu, tanpa sepengetahuan Bupati.
Contohnya, kepala BPM dan Kepala Kantor Kesbang yang saat ini telah diisi oleh pejabat yang tidak pernah mengabdikan diri mereka di Kabupaten Sangihe.
Contoh lainnya, dari penempatan pejabat yang dinilai keliru itu, ketika Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sangihe, Sofie Tamburian SH, harus bolak-balik di ruangan Kepala Bidang (Kabid) Pemeliharaan dan Pemulihan yang nota bene adalah bawahannya untuk bertanya soal teknis penanaman pohon terkait dengan persiapan Piala Adipura 2012.
Hal ini tentu saja memunculkan berbagai argument miring dari sejumlah elemen masyarakat di daerah ini menyangkut kapasitas dan kapabilitas Tamburian sebagai kepala BLH.
Sementara itu, Kabid Pemeliharaan dan Pemulihan BLH Sangihe, Ir Porkius Palera MBA ketika dimintai tanggapannya soal permasalahan tersebut, menolak memberi komentar.
“Saya tidak bisa mengomentari masalah ini, sebaiknya Tanya langsung kepada pimpinan saya. Sebagai bawahan, tidak etis jika saya mengomentari masalah itu,” ujar mantan Camat Tamako dan Manganitu itu sambil tersenyum.
Hal lainnya yang dinilai janggal adalah penempatan Ir Reintje Tamboto sebagai kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dimana latar belakang pendidikan yang bersangkutan adalah sarjana perikanan, namun ditempatkan sebagai kepala BPBD.
Johny Rompas, salah satu tokoh masyarakat Sangihe kepada manadotoday Kamis (23/2/2012), mempertanyakan kinerja pihak Baperjakat. Dia bahkan menilai, ketidak tahuan Bupati atas dilantiknya para pejabat eselon II yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan mereka karena kinerja tim Baperjakat yang diketuai oleh PLt Sekda itu, tidak dilandasi dengan kajian bahkan aturan yang berlaku.
“Bagaimana mungkin program reformasi birokrat dari pimpinan daerah itu bias tercapai, jika penempatan para pejabat eselon II itu bertentangan dengan aturan yang sesungguhnya,” tukas Rompas.
Namun Wakil Bupati Sangihe, Jabes E Gaghana SE ME ketika dimintai tanggapannya soal penempatan pejabat yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya mengatakan, penempatan pejabat eselon II pada SKPD tertentu tidak harus orang teknis, karena dibawahnya ada para kepala bidang sebagai tenaga teknis. (nal)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

One Response »

  • aneke mengatakan:

    tuangali joh ni komen tu johny rompas, kurang da bapikir di bawa rata2 hahahaha. hari gini masih ba pacu di backround studynya?? sapa pun dia dan apapun latar belakang pendidikan dapat menduduki posisi TOP di manapun di tempatkan. penempatan seorang pemimpin dia akan menjadi LEADERSHIP pada berbagai ranah dan warna. jadi bukan ‘hanya’ karena latarbelakang study kong musti tadudu sesuai basicnya.
    sapa pun bisa, asalkan MEMENUHI KRITERIA sebagai LEADER bukan BOSS. menjadi seorang leader/pemimpin, so da lewat akang tu “rambu2 lalintas” leadership.

    so butul tu wakil bupadi da manyao, penempatan pimpinan pada SKPD tidak harus orang teknis. karena nantinya bawahannya si pemimpin akan pasti ada orang teknis yang akan memimpin.

    semoga lei ni Om John Rompas, jadi sadiki pande kalo ba komentar.
    dan semoga juga, Bupati dan Wakil Bupati jernih dan cerdas dalam menentukan pimpinan SKPD yang berkualified, kapabel di Sangihe.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading