Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Pemanfaatan DAK Harus Tepat Waktu dan Sasaran

Tonny Sumakul   |   21 Juni 2012 – 11:30 WITA

MANADO (manadotoday.com) – Pemanfaatan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang merupakan bantuan pemerintah pusat ke pemerintah daerah, sebagiknya harus tepat waktu dan sasaran sesuai penetapan alokasi dan petunjuk teknis masing-masing bidang. Hal itu dikatakan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Dr. Djouhari Kansil MPd.

Menurutnya, Pemprov dan pemerintah Kabupaten/Kota, harus terus menkoordinasikan terkait desiminasi kebijakan pengelolaan, pengendalian, pelaporan dan evaluasi pemanfaatan DAK.

“Hal ini fungsinya untuk kegiatan pembangunan di daerah ini, dari dana DAK,” ujar Kansil.

Menurutnya lagi, pada UU No. 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, Gubernur yang merupakan wakil pemerintah pusat di daerah, melaksanakan usurusan pemerintahan, sesuai azas otonomi dan tugas perbantuan. Artinya, Gubernur juga wajib mengawasi penyelenggaraan DAK di kabupaten/kota.

“Jadi diharapkan agar daerah-daerah di Sulut yang menerima DAK, untuk mengelolanya dengan baik. Sebab, selama ini pengelolaan dana DAK sangat rawan,” ungkapnya.

Kata Kansil lagi, pemerintah kabupaten/kota dan SKPD Pemprov Sulut pengelola DAK, agar  melakukan evaluasi secara berkala terkait penggunaan DAK tersebut. Hal ini, agar penyelenggara kegiatan atau proyek DAK, dapat dilihat secara langsung hasilnya, sesuai dengan keadaan di lapangan.

Disis lain, Kansil meminta Kementerian yang menyalurkan DAK, agar mengeluarkan petunjuk teknis, setelah DIPA diserahkan. Sebab, penggunaan DAK yang sering mengalami keterlambatan, disebabkan juga akibat harus menunggu Juknis. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading