Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Nusa Utara

Pemanfaatan Dana BOK di Sangihe Diduga Menyimpang

Redaksi Manado Today   |   14 Agustus 2012 – 12:26 WITA
Octavianus Papodi

Kadis Kesehatan Sangihe, dr Octavianus Papodi

TAHUNA, (manadotoday.com)  – Pemanfaatan dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) di 17 Puskesmas yang ada di Kabupaten Sangihe ditengarai ada dugaan penyimpangan.

Indikasinya adalah, pada realisasi dana BOK di tahun 2012 ini baru mencapai 15 persen dari total dana bantuan BOK sekitar Rp 1,8 miliar.

Dana BOK tersebut merupakan bantuan pemerintah pusat untuk menunjang operasional pelayanan kesehatan di semua Puskesmas, dimana masing-masing Puskesmas akan menerima dana tersebut setelah memasukan SPJ bersama proposal permintaan dana BOK ke Bidang Jaminan dan Sarana Kesehatan di Dinas Kesehatan.

Namun hingga akhir Juli 2012 baru beberapa Puskesmas yang melaksanakan ketentuan tersebut. Kepala Dinas Kesehatan Sangihe, dr Octavianus Papodi ketika dikonfirmasi manadotoday  membenarkan soal realisasi dana BOK untuk tahun 2012 baru sekitar 15 persen. Namun menyangkut dugaan penyimpangan dalam penggunaan dana BOK di beberapa Puskesmas, Papodi mengaku belum mengetahuinya.

“Memang, realisasi dana BOK untuk tahun 2012 ini baru sekitar 15 persen, tetapi kalau soal adanya penyimpangan dalam pemanfaatan dana tersebut saya belum mengetahuinya, karena saya belum satu bulan menjabat Kadis Kesehatan,” ujar Papodi.

Namun, mantan Direktur Rumah Sakit Liunkendage Tahuna itu, menyatakan, pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap penyaluran dana BOK termasuk pemanfaatannya di masing-masing Puskesmas, karena dirinya sudah mendapat laporan kerap terjadi kekacauan dalam pengelolaan dana BOK di beberapa Puskesmas, dimana sering terjadi tarik-menarik antara kepala Puskesmas dengan bendaharanya dalam pengelolaan dana bantuan tersebut. (nal)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading