Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Pemanfaatan Dana DAK Dikpora 2012 di Mitra Dipertanyakan

David Masengi   |   30 Agustus 2012 – 09:35 WITA

RATAHAN, (manadotoday.com) – Pemanfaatan dana Rp 18 miliar yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Dikpora 2012 ditambah dana sharing Rp 1,8 yang diperuntukan bagi perbaikan 103 sekolah SD dan SMP di Minahasa Tenggara (Mitra) hingga saat ini dinilai sejumlah elemen masyarakat tidak maksimal dan kurang jelas.

Hal ini disebabkan karena sejumlah sekolah yang perlu dilakukan perbaikan hingga ini belum tersentuh proyek pembangunan yang bersumber dari DAK.

”Kami pertanyakan pemanfaatan  dana yang diperuntukan bagi  perbaikan pembangunan ruangan kelas dan pengadaan alat peraga yang bersumber dari DAK Dikpora 2012. Sebab saat ini banyak Sekolah yang butuh perbaikan,” ujar Rulan Sandag salah satu tokoh masyarakat Mitra.

Menanggapi hal ini Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Roosje Mamuaja, mengatakan sekolah penerima DAK masih diverifikasi.

“Kita verifikasi dulu untuk melihat berapa kebutuhan sekolah untuk pembangunan. Setelah diverifikasi akan dilakukan MoU dengan pihak sekolah, untuk segera dilakukan pembangunan,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dikpora Mitra Dra Olvie Sumual MPd mengatakan, alokasi dana tersebut harus tepat sasaran, dan pihak yang nantinya mengelola anggaran tidak asal-asal menggunakan anggarannya.

“Jadi sekolah tidak semaunya, dalam menggunakan anggaran tersebut,” tandasnya.

Lanjut dia, dalam pembagian proyek DAK ini, pihaknya menilai secara objektif kebutuhan yang diperlukan oleh setiap sekolah.

“Kita realisasikan sesuai dengan kebutuhan sekolah agar tepat sasaran. Dan yang penting tidak tidak ada pilih kasih,” ujarnya.

Sekedar informasi DAK Dikpora Mitra 2012 akan diperuntukan bagi 90 SD khusus renovasi fisik 209 ruangan kelas. Dan 13 SMP untuk pengadaan alat peraga laboratorium IPA. (dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading